Iran Berhasil Menangkap Teroris Pembunuh Seorang Ulama Sunni

0
191

Teheran, LiputanIslam.com   Kementerian intelijen Iran mengumumkan dalam sebuah pernyataan pada Selasa malam (13/12) bahwa elemen utama di balik pembunuhan ulama Sunni Iran Syeikh Molavi Abdulwahid Rigi di provinsi Sistan dan Baluchistan, Iran, berhasil diringkus.

“Menyusul upaya sepanjang waktu dan serangkaian tindakan dan pengamatan intelijen pasukan intelijen di Administrasi Intelijen Umum Provinsi Sistan dan Baluchistan, tiga elemen utama di balik pembunuhan Syeikh Molavi Abdulwahid Rigi telah diidentifikasi dan ditangkap melalui kerjasama operasinal dari komando polisi provinsi itu,” bunyi pernyataan itu.

“Unsur-unsur teroris ini berencana melarikan diri dari Iran setelah pembunuhan syahid itu, tetapi merekaberhasil  dicokok oleh pasukan intelijen,” lanjutnya.

Syeikh  Molavi Abdulvahed Rigi adalah imam shalat Jumat Masjid Imam Hussein di kota Khash dan merupakan salah satu ulama Sunni terkemuka di provinsi Sistan-Baluchestan.

Molavi Rigi diculik dan dibunuh oleh orang-orang bersenjata di dalam mobil pada 13 Desember.

Sementara itu, pasukan penjaga perbatasan Iran mengumumkan pihaknya berhasil menggagalkan operasi penyelundupan senjata di dekat perbatasan kota Marivan, di provinsi Kurdistan, Iran barat.

Komando polisi Iran di provinsi Azerbaijan Barat Senin lalu mengumumkan pembasmin geng penyelundupan senjata, dan penyitaan 70 senjata di kota Urmia.

Pekan lalu, Departemen Intelijen Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) di provinsi barat laut Ardabil mengumumkan pembongkaran “sel yang berafiliasi dengan kubu anti-revolusi Islam di provinsi tersebut, dan membentuk beberapa kelompok untuk mengacaukan keamanan nasional, menyabotase properti publik dan militer dengan menggunakan bom molotov dan aksi pembakaran.” (mm/mna)

Baca juga:

Panglima IRGC: Kami Tahu Cara Menghadapi Musuh di Semua Bidang

Saudi; Semua Pertaruhan Batal jika Iran Meraih Senjata Nuklir

DISKUSI: