Iran Bantah Klaim Qatar Soal Pernyataan Ayatullah Khamenei mengenai Perjanjian

0
50

Teheran, LiputanIslam.com  Teheran membantah klaim Qatar mengenai pernyataan Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayid Ali Khamenei tentang kesiapan Iran untuk menyelesaikan masalah nuklir.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan bahwa Ayatullah Khamenei tidak mengatakan apa-apa soal penyelesaian masalah nuklir Iran ketika ditemui oleh Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, di Teheran, beberapa waktu lalu.

Dikutip situs Iran International, juru bicara itu menambahkan bahwa Ayatullah Khamenei mengatakan kepada Emir Qatar; “Amerika tahu apa yang harus mereka lakukan agar pembicaraan Wina membuahkan hasil.”

Kementerian Luar Negeri Iran menyatakan; “Laporan Qatar tentang pertemuan dengan pemimpin Iran sepenuhnya keliru, dan tampaknya itu adalah bagian dari kampanye propaganda.”

Iran International  melaporkan bahwa beberapa hari setelah Emir Qatar mengunjungi Teheran dan menemui Ayatullah Khamenei “Menteri luar negeri Qatar mengatakan dalam pernyataan kepada surat kabar Jerman Handelsblatt bahwa Pemimpin Besar Iran telah memberi tahu Qatar bahwa Republik Islam siap untuk solusi kompromi bagi masalah nuklir.”

Dalam pertemuan itu Ayatullah Khamenei menyatakan ada ruang untuk pertukaran pandangan lebih banyak mengenai berbagai isu politik, dan mengungkapkan harapan bahwa kunjungan Emir Qatar akan membuka babak baru penguatan kerja sama.

Ayatullah Khamenei menekankan bahwa kesepakatan yang dicapai antara Teheran dan Doha harus dilaksanakan dalam jadwal tertentu.

Di  Wina, ibukota Austria, Iran masih bernegosiasi dengan China, Rusia, Prancis, Inggris dan Jerman serta Amerika Serikat (AS) secara tidak langsung untuk pemulihan perjanjian nuklir Iran tahun 2015, yang memungkinkan pencabutan sanksi terhadap Teheran dengan imbalan pembatasan ketat pada program nuklirnya.

AS menarik diri dari perjanjian itu pada 2018 di era kepresidenan Donald Trump, dan kembali memberlakukan sanksi terhadap Teheran. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Perwira IRGC Terbunuh, Iran Ciduk Jaringan yang Berafiliasi dengan Israel

Israel Akui Iran Negara Pemberani dan Sukses

DISKUSI: