Iran akan Perlakukan Negara-Negara Arab Penormalisasi Hubungan dengan Israel sebagai Musuh

0
116

Teheran, LiputanIslam.com –  Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran Mayjen Mohammad Hossein Baqeri memperingatkan kepada negara-negara Arab Teluk Persia yang telah menormalisasi hubungan dengan Israel bahwa mereka harus bertanggungjawab atas apapun masalah keamanan yang diciptakan oleh Rezim Zionis di kawasan ini.

“Jika Zionis ditempatkan di kawasan ini dan terjadi sesuatu yang bahkan menimbulkan kerusakan minimal pada keamanan dan pertahanan nasional kami maka kami memandang negara-negara ini (penormalisasi hubungan dengan Israel) sebagai penyedia pangkalan bagi musuh, dan karena itu akan memperlakukan mereka sebagai musuh, ”ungkap Baqeri dalam wawancara dengan TV pemerintah pada Sabtu malam (26/9/2020).

Dia juga menyebutkan bahwa kondisi Israel sedemikian tidak stabil menyusul maraknya protes anti-Perdana Menteri Benjamin Netanyahu sejak beberapa bulan lalu sehingga “seandainya AS menghentikan dukungannya, niscaya Rezim Zionis akan runtuh”.

Senada dengan ini, Sekjen Dewan Tinggi Keamanan Nasional Iran Ali Shamkhani dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Irak Fuad Hussein, Ahad (27/9/2020), menilai normalisasi hubungan itu sebagai “pengkhianatan besar”.

“Normalisasi hubungan dengan Rezim Zionis merupakan pengkhiantan besar dan pelanggaran terbuka terhadap hak bangsa Palestina,” katanya.

Dia juga memperingatkan bahwa normalisasi itu berimbas buruk  “yang tak terbatas pada kacaunya keamanan dan tertanamnya pertikaian antarnegara kawasan, melainkan bahkan membuat negara-negara penormalisasi itu sendiri berada dalam bahaya hakiki”.

Dia juga mengatakan, “Tujuan Rezim Zionis menormalisasi hubungannya dengan sejumlah negara regional di bawah tekanan AS ialah berdominasi penuh atas kawasan… sementara dialog dan kerjasama regional tanpa campurtangan kuat pihak non-regional adalah jalan terbaik untuk stabilitas dan keamanan kawasan.” (mm/fna/raialyoum)

Baca juga:

AL Iran: Armada AS Tak Sadar Kami Pantau Saat demi Saat

Pasukan Elit Iran Resmikan Pangkalan AL Baru untuk Pantau Penuh Selat Hormuz

DISKUSI: