Iran akan Operasikan Dua Jenis Drone Tempur dan Pengintai Terbaru

0
799

Teheran, LiputanIslam.com –  Pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) menyatakan bahwa Angkatan Daratnya akan menerima drone “Fotros” baru dengan jangkauan operasional 2.000 kilometer dalam waktu dekat.

“Banyak fitur teknis drone ini telah diperiksa, dan drone ini akan dikerahkan di zona operasi setelah menyelesaikan diskusi terkait dengan Kementerian Pertahanan,” kata ungkap Komandan Divisi Drone Angkatan Darat IRGC, Kol. Akbar Karimloo.

Drone Fotros merupakan salah satu drone tempur dan pengintai terbesar Iran, diluncurkan pertama kali pada tahun 2013, dan berkemampuan terbang hingga 30 jam serta menjelajah hingga jarak 2.0000 kilometer.

Karimloo menambahkan bahwa IRGC berencana meningkatkan pengawasan drone “Mohajer-6” dan drone tempur yang ada dengan motor yang ditingkatkan sert dengan kemampuan lepas landas dan mendarat secara otomatis.

Baca: Iran Capai Swasembada dalam Produksi Semua Kebutuhan Militer

Mohajer-6 adalah model terbaru dan paling canggih dari kelas drone Mohajer, yang telah berhasil digunakan oleh Iran dalam sejumlah operasi anti-teror dalam beberapa tahun terakhir.

“Pengenalan drone ini ke Komando Pasukan IRGC menyebabkan perkembangan besar, secara substansial meningkatkan daya tahan penerbangan dan meningkatkan kehadiran kami di zona operasi,” ungkap Karimloo.

Baca: Cibir Peluncuran Satelit Iran, Jenderal AS Jadi Bahan Olok-olok

Dia menambahkan, “Drone ini juga telah digunakan dalam pertempuran, memberikan pukulan efektif kepada pasukan musuh.” (mm/fna)

DISKUSI: