Iran akan Membangun Ruang Sentrifugal Baru di Natanz setelah Aksi Sabotase

0
53

Teheran, LiputanIslam.com –   Iran berencana membangun aula sentrifugal yang lebih modern di daerah pegunungan Natanz setelah terjadi ledakan dan “aksi sabotase” pada 2 Juli lalu.

Kepala Organisasi Energi Atom Iran (AEOI) Ali Akbar Salehi di sela-sela pertemuannya dengan anggota Komisi Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri parlemen Iran, Selasa (8/9/2020), mengatakan, “Diputuskan bahwa aula yang lebih modern, lebih luas dan lebih komprehensif di semua dimensi akan dibangun di jantung pegunungan dekat Natanz dan ini telah dimulai.”

Mengenai pengurangan upaya Iran di instalasi nuklir Natanz dan Fordo sesuai kesepakatan nuklir sebagai tanggapan atas ketidak patuhan pihak lain, ia mengatakan bahwa langkah-langkah perkenalan telah dimulai dengan penyediaan peralatan dan peluncuran awal serangkaian ruang produksi sentrifugal canggih.

Salehi menjelaskan bahwa aula di Natanz yang mengalami ledakan dikhususkan untuk sentrifugal canggih, dan Dewan Tinggi Keamanan Nasional Iran akan memberikan rincian lebih lanjut.

Juru Bicara AEOI Behrouz Kamalvandi Ahad lalu menyatakan bahwa badan keamanan negara ini telah mengidentifikasi pelaku sabotase di balik ledakan di fasilitas nuklir Natanz. (mm/fna)

Baca juga:

UEA akan Jadi Sasaran Serangan Iran Jika Israel Menyerang

Pemimpin Iran Beberkan Tujuan di Balik Penghinaan terhadap Nabi Muhammad saw

DISKUSI: