Iran Ajak Para Jirannya Berdialog Tanpa Melibatkan Pihak Asing

0
144

Teheran, LiputanIslam.com –   Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengajak negara-negara jirannya berdialog dengan Iran secara langsung tanpa keterlibatan pihak asing mengenai isu regional.

“Para tetangga yang terhormat, mengapa meminta AS/E3 (Amerika Serikat dan tiga negara terkemuka Eropa – red.) untuk dimasukkan dalam pembicaraan dengan Iran ketika: a) Tidak akan ada pembicaraan APA PUN tentang kawasan KITA dengan mereka karena mereka sendiri adalah masalahnya. b) Kita dapat berbicara langsung tentang wilayah kita tanpa campur tangan dari luar,” ungkap Zarif di halaman Twitter-nya, Selasa (8/12/2020).

“Hormuz Peace Endeavour (#HOPE) masih akan dibahas,” lanjutnya.

Sebelumnya, dalam cuitan berbahasa Arab, kepada negara-negara tetangga Iran di kawasan Teluk Persia  Zarif mematikan Iran tidak akan bernegosiasi dengan Barat mengenai isu-isu kawasan.

“Beberapa negara tetangga tampaknya telah meminta Barat untuk menjadi bagian dari proses negosiasi dengan Iran…Kami tidak akan bernegosiasi dengan Barat mengenai kawasan. Masalah utamanya adalah intervensi mereka,”lanjutnya.

Menteri Luar Negeri Iran lantas menyebutkan, “Sementara itu, kami selalu siap bernegosiasi dengan para tetangga, dan proyek-proyek seperti Keamanan Regional 1986, Forum Dialog Regional 2016, dan Inisiatif Perdamaian Hormoz 2019 menggambarkan hal ini.” (mm/mehrnews)

Baca juga:

PBB Temukan Misil Anti-Tank Mirip Buatan Iran di Libya

Iran Pastikan Perjanjian Nuklirnya Tak Dapat Dinegosiasikan Lagi

DISKUSI: