Irak Sampaikan Usulan Iran “Pakta Non-Agresi” kepada Saudi, UEA, dan Bahrain

0
161

Teheran, LiputanIslam.com –   Duta Besar Irak untuk Iran di Teheran mengatakan bahwa Presiden Irak Barham Salih telah menyampaikan pesan Iran ke Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain berupa gagasan untuk menandatangani pakta non-agresi.

“Irak menyambut baik gagasan (pakta non-agresi) yang diajukan oleh Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Jawad Zarif,” lapor kantor berita Irak ISNA sembari mengutip pernyataan Duta Besar Irak Saad Abdul Wahab Jawad Qandil.

“Karena tidak ada hubungan diplomatik Iran dengan Arab Saudi, UEA dan Bahrain, para pejabat Irak memutuskan untuk mewakili Iran dalam menyampaikan usulan ini,” kata Qandil.

Baca: PM Irak: Iran Tidak Menghendaki Perang Dengan AS

Duta Besar Irak menyebutkan bahwa Baghdad boleh dikata mediator untuk pertukaran pesan Teheran dengan  Riyadh, Abu Dhabi dan Manama.

Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Abbas Araghchi, saat berkunjung ke Qatar Rabu lalu juga menyinggung “Pakta Non-Agresi” dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Rusia Novosti.

Baca: Iran Dan Saudi Saling Tuntut Perubahan Sikap

“Gagasan yang kami sampaikan adalah berkenaan dengan penandatanganan pakta non-agresi antarnegara Teluk. Gagasan ini prinsipal, dan kami memiliki rinciannya, namun kami tidak membahasnya karena kami masih menunggu tanggapan dari negara-negara di kawasan ini,” ujarnya.

Dia juga melanjutkan, “Kami mengangkat masalah ini hanya dua hari yang lalu selama pertemuan di Kuwait dan Amman, dan tentu saja kami harus memberi mereka waktu yang cukup untuk mempelajarinya. Tetapi kami belum menerima reaksi negatif, yang merupakan hal yang baik.” (mm/raialyoum)

DISKUSI: