Intelijen Iran Ringkus Sejumlah Anggota MKO terkait Sel Teroris

0
166

Teheran, LiputanIslam.com   Pasukan intelijen Iran telah mengidentifikasi dan membongkar beberapa sel operasi yang berafiliasi dengan Organisasi Mujahedin-e-Khalq (MKO) di provinsi Teheran, Esfahan, dan Kordestan.

Kementerian Intelijen Iran, Selasa (6/12), mengatakan penangkapan terjadi setelah dilakukan pelacakan dan identifikasi sel-sel sabotase, bersama dengan serangkaian operasi koordinasi di Provinsi Teheran, Esfahan dan Kordestan, yang menyebabkan penangkapan 10 elemen operasional dan pendukung MKO, kelompok oposisi yang dinyatakan sebagai organisasi teroris oleh pemerintah Iran.

Kementerian itu menjelaskan bahwa sel-sel tersebut telah melakukan aksi-aksi teror dan banyak serangan mortir terhadap pusat-pusat administrasi, militer, penegak hukum dan permukiman di tengah gelombang kerusuhan yang terjadi belakangan ini.

“Dalam beberapa operasi teror, anggota sel ini melemparkan granat rakitan ke pertemuan publik dan melakukan serangan mortir ke pusat-pusat tersebut, dan mereka merencanakan tindakan yang jauh lebih parah,” ungkap kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Kementerian Intelijen Iran mengatakan seluruh kegiatan teroris oleh sel itu dilakukan di bawah arahan langsung dari markas MKO Eropa di Albania, dan bahwa mereka dalam operasinya bahkan menggunakan unsur-unsur veteran dan lama yang sudah mendapat amnesti dan keringanan hukuman dari Republik Islam pada tahun 1980-an.

Kementerian itu menambahkan bahwa senjata dan peralatan milik sel itu, termasuk mortir, granat, bahan dan peralatan untuk membuat granat rakitan, senjata kecil dan bom molotov, telah ditemukan dan disita. (mm/presstv)

Baca juga:

Pasar-Pasar di Iran Tetap Ramai Meski Ada Seruan Aksi Mogok dari Kubu Anti-Pemerintah

Jenderal Israel: Rezim Ulama Iran Tetap akan Bertahan Meski Ada Gelombang Protes

 

DISKUSI: