Imam Besar Al-Azhar Serukan Kepedulian Umat Islam kepada Isu Palestina

0
230

Kairo, LiputanIslam.com –  Imam Besar Al-Azhar Syeikh Ahmad Al-Tayyib menyatakan bahwa Palestina merupakan urusan utama umat Islam, dan bahwa perjuangan bangsa Palestina melawan rezim pendudukan Zionis merupakan kebanggaan dan sumber inspirasi.

Hal tersebut ditegaskan Syeikh Al-Tayyib dalam pertemuan dengan Mahmoud Al-Habash, Hakim Agung dan Penasehat Ketua Otoritas Palestina urusan Agama dan Hubungan Islam di Kantor Al-Azhar, Kairo, ibu kota Mesir, Kamis (16/9).

“Urusan Palestina adalah urusan utama Al-Azhar dan Muslimin, dan perjuangan bangsanya Arab merupakan sumber kebanggaraan, kekuatan dan inspirasi mengenai mekanisme perjuangan melawan rezim pendudukan yang zalim,” ujar Syeikh Al-Tayyib.

Dia menambahkan, “Terorisme Zionis menjadi bukti kuat atas kekacauan nilai dan standar masyarakat internasional dalam interaksi dengan urusan bangsa-bangsa.”

Di pihak lain, Mahmoud Al-Habash mengatakan, “Upaya dan pendirian mulia Al-Azhar atas urusan Palestina patut mendapat apresiasi… Al-Azhar telah mendapatkan universalitasnya dalam misi dan peranan globalnya, yang telah melayani urusan umat dan perdamaian dunia selama lebih dari seribu tahun.”

Rabu lalu ratusan warga (imigran) Zionis Israel kembali melurug komplek Masjid Al-Aqsa dengan pengawalan polisi Israel.

Kantor Wakaf Islam di Quds (Yerussalem) dalam sebuah pernyataannya menyebutkan, “300 imigran Zionis menyerbu Masjid Al-Aqsa pada hari ini dengan pengawalan polisi Israel.”

Sebelumnya, berbagai kelompok ekstremis Israel menyerukan peningkatan intensitas serbuan ke Masjid Al-Aqsa pada peringatan Yom Kippur yang dimulai pada Rabu sore dan berakhir pada Kamis sore. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Kisah Tahanan Palestina: Gali Terowongan 9 Bulan, Tertangkap secara Kebetulan

Alami Penyiksaan, Seorang Tahanan yang Kabur dari Gilboa Dibawa ke RS

DISKUSI: