Hubungan Ukraina dan Israel Alami Tren Positif Usai Berbagi Informasi Intelijen Mengenai Drone Iran

0
194

Kyiv, LiputanIslam.com   Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memuji apa disebutnya “tren positif” dalam hubungan Ukraina dengan Israel, setelah keduanya berbagi informasi intelijen, terutama  mengenai  “400 drone Iran” yang digunakan oleh Rusia untuk mendukung invasinya.

“Jadi kita berada di awal kerja sama, Ini adalah tren positif dalam hubungan dengan Israel,” kata Zelensky pada konferensi pers di Kyiv dengan sejawatnya dari Guinea-Bissau Omar Sissoko Embalo, Rabu (26/11).

“Saya puas dengan beberapa hari terakhir, kami sudah mulai bekerja, semua orang menginginkan hubungan yang lebih erat,” imbuhnya.

Tetapi Zelensky juga mengatakan, “Hari ini, itu tidak cukup. Israel adalah negara yang tahu betul apa sebenarnya perang itu, dan saya pikir itu harus memberikan lebih banyak dukungan ke Ukraina.”

Dia mengklaim, “Intelijen yang dibagikan saat ini menegaskan sekali lagi bahwa layanan kami tahu; sekira  400 drone Iran digunakan terhadap warga sipil Ukraina. 60-70 persen di antaranya tertembak jatuh.”

Teheran dan Moskow telah berulang kali membantah tuduhan demikian dalam beberapa hari terakhir.

Sehari sebelumnya,  Zelensky terang-terangan meminta Israel untuk bergabung secara langsung dalam perang melawan Rusia. Dia juga kembali ‘memohon’ agar negara Yahudi itu mau berbagi sistem pertahanan udara Iron Dome.

Dalam pidatonya pada konferensi untuk surat kabar Israel Haaretz, Zelensky mendesak Israel untuk menentukan pilihannya secara tegas.

“Bukankah sudah waktunya bagi negaramu untuk memilih ada di pihak siapa?” katanya, seperti dikutip Reuters, Selasa. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Presiden Ukraina Klaim Rusia Minta Iran Pasok 2000 Unit Drone

Iran Bantah Klaim Keberadaan Orang Iran di Krimea untuk Bantu Rusia Gunakan Drone

 

DISKUSI: