Hizbullah Umumkan Tibanya Kapal Tanker Kedua Iran di Pelabuhan Suriah

0
253

Beirut, LiputanIslam.com –  Kelompok pejuang Hizbullah Lebanon dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh humas bidang medianya, Jumat (24/9), mengumumkan tibanya kapal tanker minyak Iran kedua di Pelabuhan Baniyas, Suriah, pada hari hari Kamis.

“Hizbullah mengumumkan tibanya kapal tanker yang mengangkut bahan bakar dan datang dari Republik Islam Iran di Pelabuhan Baniyas pada Kamis malam pukul 22.00 tanggal 23 September 2021,” bunyi pernyataan itu.

Beberapa waktu lalu, Sekjen Hizbullah Sayid Hassan Nasrallah mengumumkan sendiri tibanya kapal tanker minyak Iran pertama pada 12 September.

Saat itu dia juga mengatakan bahwa kapal pertama itu akan disusul beberapa kapal lain, sembari memperingatkan, “Siapapun jangan sampai keliru soal pengalaman kami dalam perang apapun; militer, ekonomi ataupun keamanan”.

Minyak dari Iran yang dikapalkan untuk membantu mengatasi krisis bahan bakar Lebanon itu kemudian diangkut dari Pelabuhan Baniyas menuju Lebanon dengan menggunakan ratusan truk tanki, dan masuk ke Lebanon pada 16 September.

Sementara itu, Wasekjen Hizbullah Syeikh Naim Qassem mengatakan bahwa masuknya minyak Iran ke Lebanon menimbulkan tekanan mental pada AS sehingga terpaksa menyetujui Lebanon mengimpor gas Mesir melalui wilayah Suriah.

“Impor bahan bakar dari Iran telah mendobrak blokade terpenting Lebanon sepanjang sejarah… Bahan bakar Iran membuat AS menyetujui transit gas Mesir dari Suriah menuju Lebanon,” katanya dalam wawancara dengan saluran Al-Manar milik Hizbullah pada Jumat malam.

Dua pekan lalu Suriah dan Yordania menyetujui pengiriman gas Mesir melalui dua negara tersebut. (mm/raialyoum/tasnim)

Baca juga:

Iran Nyatakan Adanya Kemajuan dalam Perundingan dengan Saudi tentang Keamanan Teluk

Ketua Parlemen Iran: Pasukan Kami Sudah Berdiri di Perbatasan Israel

DISKUSI: