Haul Jenderal Soleimani, Akan Terjadi “Pergerakan Militer Penting” di Irak

0
281

Qassem Soleimani dan ABu Mahdi Al-Muhandis

Teheran, LiputanIslam.com –  Lembaga pemberitaaan ANA yang berbasis di Teheran, ibu kota Iran, melaporkan bahwa akan terjadi “pergerakan militer penting” di Irak bersamaan dengan haul pertama atau peringatan satu tahun pertama peristiwa serangan Amerika Serikat (AS) yang menewaskan jenderal legendaris Iran Qassem Soleimani dan tokoh pejuang Irak Abu Mahdi Al-Muhandis.

Lembaga pemberitaan yang bernaung di bawah Universitas Islam Azad yang  dikelola oleh Ali Akbar Velayati, penasehat Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayid Ali Khamenei, itu mengutip keterangan narasumber yang menyebutkan bahwa “pergerakan militer penting berkemungkinan terjadi pada hari Jumat atau Sabtu mendatang”.

“Iran bisa jadi tidak akan melakukan tindakan apapun dalam peringatan itu, tapi orang-orang Irak bersikukuh melakukan pergerakan anti-pasukan Amerika,” lanjut ANA.

Narasumber itu mengatakan, “Amerika sangat ketakutan sehingga melancarkan tekanan terhadap pemerintah Irak agar mengirim delegasi ke Iran supaya pada gilirannya Iran menekan kelompok-kelompok pejuang Irak dan mencegah rencana-rencana mereka.”

ANA kemudian menyebutkan ihwal kunjungan delegasi Irak yang dipimpin oleh Abu Jihad Al-Hashimi, mantan direktur kantor perdana menteri Irak.

“Kunjungan ini adalah dalam rangka perkembangan terakhir di Baghdad, dan tak lepas dari soal penangkapan sejumlah anggota pasukan Al-Hashd Al-Shaabi belakangan ini,” ungkap ANA.

Menurut sumber itu, pemerintahan Perdana Menteri Irak Mustafa Al-Kadhimi berniat menyerahkan para anggota pasukan relawan Irak itu kepada pemerintah AS.

“Orang-orang sekitar Al-Kadhimi menyadari bahwa seandainya tak ada tekanan Iran maka bisa jadi dia akan kehilangan jabatannya di Irak,” ujar sumber itu.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Iran menyatakan bahwa delegasi Irak yang dipimpin oleh penasehat perdana menteri Irak berkunjung ke Teheran pada Ahad lalu, sekira sepekan setelah heboh terjadinya  gelombang serangan roket ke Zona Hijau Baghdad dengan sasaran Kedutaan Besar AS. (mm/rta)

Baca juga:

Teheran Sebut AS Jadikan Negara lain sebagai Pangkalan untuk Mengancam Iran

Makin Tegang, Iran Ancam Serang Kapal Selam Israel Jika Masuk ke Perairan Teluk Persia

DISKUSI: