Hamas: Masa Depan Umat Islam Berkaitan dengan Aspirasi Palestina

0
60

Gaza, LiputanIslam.com –   Pemimpin Gerakan Perlawanan Islam Palestina (Hamas), Ismail Haniyeh, dalam sebuah statemennya mengenai perkembangan situasi Palestina dan regional Timur Tengah, Ahad (13/12), menyatakan bahwa isu Palestina bukan hanya urusan tanah, melainkan juga berkaitan dengan keyakinan bangsa-bangsa Arab dan umat Islam.

“Masalah Palestina bukan hanya masalah tanah. Ini adalah masalah tanah air, keyakinan, kondisi, dan masa depan bangsa-bangsa Palestina serta umat Arab dan Islam. Semua ini berkelindan satu sama lain,” ungkap Haniyeh.

Dia menambahkan, “Hamas meningkat perlawanan di semua bidang agar musuh, Zionis, terpaksa mengakui hak penuh dan menyeluruh Palestina, termasuk hak perlawanan sipil hingga perlawanan militer dan bersenjata.”

Haniyeh menyebutkan bahwa dalam rangka itu Hamas melanjutkan strategi penguatan dirinya di Jalur Gaza serta menggalang kerjasama dengan berbagai elemen bangsa Palestina lainnya di Tepi Barat.

“Tepi Barat di masa lalu, sekarang, dan di masa mendatang merupakan gelanggang terpenting dalam pengelolaan konflik dengan musuh serta dalam proyeksi intifada dan resistensi. Siapapun keliru jika beranggapan bahwa Tepi Barat diam, tenang, atau preventif,” ujarnya.

Dia kemudian mengecam normalisasi hubungan dan kompromi sejumlah negara Arab dengan israel sembari menyebutkan adanya agenda berbahaya untuk menghancurkan Palestina, baik melului Perjanjian Abad Ini maupun proses kompromisasi tersebut.

“Kami memantau perkembangan regional dan kejahatan kompromi sejumlah negara Arab, sesuatu yang tak dapat diterima oleh bangsa Palestina maupun bangsa manapun di dunia Islam,” tegasnya.

Tokoh Hamas itu menekankan bahwa kompromisasi itu merupakan peluang bagi Israel untuk mengacaukan persatuan dan kekompakan Dunia Arab dan memenuhi kepentingan politik, keamanan, dan ekonomi Israel sendiri.

Di bagian akhir dia memastikan bahwa kubu pejuang Palestina akan tetap tegar menghadapi segala kendala dan tangan yang dihadapinya, dan yakin sepenuhnya bahwa kemenangan pasti akan tercapai. (mm/fna)

Baca juga:

Para Pejuang Palestina, Hizbullah dan Iran Kutuk Normalisasi Hubungan Maroko dengan Israel

Jerussalem Post:  Saudi, Oman dan Indonesia akan Jalin Hubungan Diplomatik dengan Israel

DISKUSI: