Hamas dan PFLP Kecam Pembatalan Draft Resolusi Kutukan Terhadap Normalisasi UEA-Israel

0
62

Gaza, LiputanIslam.com –   Juru bicara Hamas Hazem Qassem mengecam Liga Arab karena telah membatalkan rancangan resolusi yang mengutuk perjanjian normalisasi antara Uni Emirat Arab (UEA) dan Israel.

“Ketidakmampuan Liga Arab mengeluarkan keputusan ini memotivasi rezim pendudukan (Israel) dan pemerintah Amerika Serikat untuk terus melaksanakan rencana penutupan berkas Palestina… Liga Arab seharusnya mengekspresikan hati nurani bangsa-bangsa Arab yang menolak normalisasi dengan Israel,” katanya, Rabu (9/9/2020).

Sebelumnya, Asisten Sekretaris Jenderal Liga Arab, Hossam Zaki, kepada wartawan mengatakan, “Dialog yang serius dan komprehensif terjadi mengenai rancangan yang diajukan oleh Palestina, presiden sesi Dewan Liga Arab saat ini, tentang deklarasi segi tiga (AS, Israel, dan UEA). Butuh beberapa waktu untuk membahas masalah itu, tapi diskusi tersebut pada akhirnya tidak mengarah pada konsensus tentang rancangan resolusi yang diusulkan oleh Palestina.”

Perjanjian normalisasi hubungan antara UEA dan Israel adalah perjanjian pertama yang sejenis antara negara Arab dan Israel selama kurun waktu lebih dari 20 tahun terakhir.

Kecaman terhadap Liga Arab juga dilontarkan Front Rakyat Pembebasan Palestina (PFLP) dengan menyebut pembatalan itu menjadi bukti baru jatuhnya reputasi Liga Arab dan berubahnya organisasi ini menjadi “alat kepentingan negara-negara pengekor dan pengkhianat” untuk melicinkan kebijakan mereka yang berseberangan dengan kepentingan bangsa-bangsa Arab dan aspirasi keadilan, termasuk dalam isu Palestina.

PFLP menegaskan bahwa pendirian Dewan Menteri Liga Arab itu merupakan keberpihakan secara memalukan terhadap UEA dan dorongan bagi negara-negara Arab lainnya untuk mengikuti jejak UEA dan mengakui eksistensi Rezim Zionis dalam perjanjian yang disebut “perdamaian”.

PFLP mengimbau para petinggi Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dan semua faksi Palestina agar melawan pendirian Liga Arab dengan kebijakan sebaliknya. (mm/rta/alalam)

Baca juga:

Iran dan Turki Bersama Mengecam Normalisasi Hubungan UEA dengan Israel

Hamas : Visi Kami Sama dengan Visi Hizbullah

 

DISKUSI: