Hadiri Konferensi tentang Israel, Seorang Pegawai Kementerian Irak Dipecat

0
151

Baghdad, LiputanIslam.com –   Menteri Kebudayaan, Pariwisata dan Peninggalan Purbakala Irak Hasan Nadhim memecat seorang pegawai kementerian ini, Sahar Karim, yang telah menghadiri sebuah konferensi yang menyerukan normalisasi hubungan negara ini dengan Israel.

Dalam sebuah statemennya, Rabu (29/9), kementerian itu menyebutkan bahwa Hasan Nadhim telah mengeluarkan keputusan pemecatan Sahar Karim yang bertugas di Otoritas Umum untuk Peninggalan Purbakala dan Warisan Budaya karena telah melakukan tindakan yang dinilai menyalahi peraturan kepegawaian negara dan melanggar undang-undang Irak serta melakukan aksi-aksi politik setelah menghadiri konferensi yang diselenggarakan di kota Arbil, Kurdistan Irak, pada hari Jumat lalu tersebut.

Kementerian itu menjelaskan bahwa keputusan pemecatan dikeluarkan sesuai rekomendasi komite penyelidikan yang telah dibentuk di Otoritas Umum untuk Peninggalan Purbakala dan Warisan Budaya.

Sebelumnya, Pengadilan Tinggi Irak telah mengeluarkan instruksi penangkapan sejumlah peserta konferensi tersebut, termasuk beberapa tokoh adat.

Sementara itu, ulama muda terkemuka Irak Sayid Moqtada Sadr mengaku sedang menunggu pelaksanaan perintah penangkapan para peserta konferensi normalisasi hubungan dengan Israel.

Dalam cuitan di halaman Twitternya, Rabu, dia juga mengancam; “Jika mereka tidak ditangkap maka kami akan melakukan tindakan-tindakan nasional yang tegas terhadap para penyeru normalisasi dan peserta konferensi.” (mm/railayoum/alalam)

Baca juga:

Irak Keluarkan Perintah Penangkapan atas Penyeru Normalisasi di Arbil

Puji Irak, Hizbullah Kecam Konferensi Normalisasi dengan Israel di Kurdistan

DISKUSI: