GNA Bersumpah akan Membalas Serangan LNA Terhadap Pangkalan Udara

0
149

Tripoli, LiputanIslam.com – Pasukan Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) yang didukung Turki bersumpah akan membalas serangan Tentara Nasional Libya (LNA) yang didukung Mesir terhadap Al-Pangkalan Udara (Lanud) Al-Watiyah.

Juru bicara pasukan GNA, Muhammad Qanunu, Selasa (7/7/2020), mengklaim serangan udara yang menerjang Lanud Al-Watiyah pada Kamis pekan lalu itu dilakukan oleh pesawat asing untuk menyokong  LNA dan pemimpinnya Marsekal Lapangan Khalifa Haftar.

Pengamat politik Libya Ibrahim Belqalsem menilai serangan terhadap lanud itu merupakan perkembangan serius dalam perang proksi di Libya.

Belqalsem menduga kuat serangan itu dilancarkan oleh Angkatan Udara Prancis meskipun LNA mengaku sebagai pelakunya.

Baca: Mesir Sebut “Induk Perang Libya” akan Segera Pecah, Turki Bersumpah Lakukan Segalanya

Menurutnya, perkembangan ini menandai eskalasi antara Prancis dan Turki yang bisa jadi mengarah ke konflik langsung antara kedua pihak, terutama setelah terjadi insiden pertempuran kecil antara frigat Prancis dengan kapal-kapal Angkatan Laut Turki di Laut Mediterania.

Baca: Cerita Di Balik Intervensi Turki di Libya

Belqalsem berpendapat bahwa peristiwa-peristiwa itu bertujuan untuk menyudahi konflik di Libya dan membantu pencapaian solusi politik di saat pertempuran antara GNA dan LNA terhenti sejak sekitar satu bulan lalu. (mm/amn)

DISKUSI: