Gencatan Senjata Palestina-Israel Dilaporkan Mulai Diberlakukan pada Jumat Dini Hari

0
315

Gaza, LiputanIslam.com –   Seorang petingga Hamas mengatakan bahwa pihaknya dan Rezim Zionis Israel bersepakat menerapkan gencatan senjata di Jalur Gaza mulai jam 02.00 dini hari Jumat (21/5).

Di pihak lain, kabinet Israelmengaku telah bermufakat mendukung diumumkannya gencatan senjata “secara mutual dan tanpa syarat” sesuai usulan Mesir, namun mereka juga menyebutkan bahwa masa penerapannya sejauh ini masih belum disepakati.

Perkembangan ini terjadi sehari setelah Presiden AS Joe Biden bersaran kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu agar mengupayakan gencatan senjata di tengah adanya upaya mediasi oleh Mesir, Qatar dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Pejabat Hamas mengatakan kepada Reuters bahwa gencatan senjata itu bersifat “mutual dan simultan”.

Sementara itu, pemerintah Mesir secara resmi memberitahukan kepada faksi-faksi pejuang Palestina bahwa gencatan senjata mulai diterapkan tepat pada pukul 02.00 secara simultan dan mutual.

Televisi Mesir menyebutkan bahwa upaya mediasi negara ini berhasil untuk penerapan gencatan senjata antara Israel dan Palestina, dan Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi telah memerintahkan pengiriman dua orang delegasi keamanan ke Israel dan tanah-tanah pendudukan Palestina untuk bekerja memperkuat gencatan senjata.

Seperti diketahui, pertempuran antara para pejuang Palestina dan pasukan Israel berkobar sejak 10 Mei lalu, dan telah menjatuhkan korban tewas di pihak Palestina sebanyak 232 orang, termasuk 65 anak kecil dan 39 perempuan dewasa, serta korban luka lebih dari 1900 orang akibat serangan udara Israel.

Militer Israel mengklaim telah membunuh sedikitnya 160 militan Palestina di Jalur Gaza, sementara otoritas Israel menyebutkan bahwa jumlah korban tewas di pihak negara ilegal Zionis ini 12 orang dan ratusan lainnya terluka akibat serangan roket pejuang Gaza. (mm/raialyoum)

Berita Terkait:

[Video] Detik-Detik Sayap Militer Hamas Merudal Bus Militer Israel

Pejuang Palestina Lancarkan Serangan Roket ke Pangkalan-pangkalan Udara Israel

 

 

DISKUSI: