Fokus ke Afghanistan, Menlu Pakistan akan Berkunjung ke Iran

0
250

Menlu Pakistan Shah Mahmood Qureshi

Islamabad, LiputanIslam.com –  Duta Besar Iran untuk Pakistan di Islamabad, Mohammad Ali Hosseini, menyatakan bahwa Iran dan Pakistan sama-sama menginginkan stabilitas di Afghnistan, dan bahwa dalam rangka ini pula Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi akan berkunjung ke Teheran, ibu kota Iran, dalam waktu dekat ini.

“Kunjungan Qureshi dianggap sangat penting di era sensitif ini karena Iran dan Pakistan terdampak oleh konsekuensi pendudukan Amerika Serikat dan sekutu Baratnya selama dua dekade, yang mengakibatkan kekacauan di negara tetangga Afghanistan”, kata Hosseini ketika berbicara tentang kunjungan mendatang Qureshi ke Iran.

Dubes Iran untuk Pakistan Mohammad Ali Hosseini

Diplomat itu menambahkan, “Menteri luar negeri Pakistan mengunjungi Teheran untuk kedua kalinya dalam waktu kurang dari enam bulan, dan sekarang Qureshi adalah pejabat diplomatik tingkat tinggi pertama dari pemerintah Islamabad yang mengunjungi Teheran pada awal pemerintahan ke-13 di Iran.”

Hosseini mengatakan bahwa Iran dan Pakistan menjalin koordinasi yang baik di Afghanistan dalam beberapa tahun terakhir dan selalu mengadakan konsultasi erat satu sama lain.

Menurut Hosseini, Iran dan Pakistan sebagai dua tetangga utama Afghanistan menginginkan segala hal yang baik bagi rakyat Afghanistan dan memahami penderitaan warga Afghanistan yang tak kunjung usai.

Kedua negara memiliki sikap yang sama dan dekat mengenai perundingan damai Afghanistan, dan percaya bahwa perundingan ini harus diselesaikan dan dilaksanakan dengan partisipasi semua kelompok Afghanistan tanpa campur tangan asing.

“Teheran dan Islamabad menentang solusi militer apa pun untuk krisis di Afghanistan dan menekankan pembentukan pemerintah nasional yang inklusif”, ujarnya.

Mengenai kunjungan Menlu Pakistan ke Iran itu dia mengatakan, “Selama kunjungan Qureshi ke Teheran, selain membahas berbagai masalah regional dan perkembangan di Afghanistan, juga akan membahas kemajuan dalam kerjasama bilateral, perdagangan dan penguatan hubungan perbatasan antara kedua negara.”

Kementerian Luar Negeri Pakistan menyatakan Shah Mahmood Qureshi memulai safari ke tiga negara Asia Tengah dan Iran pada hari Rabu untuk bertukar pandangan dengan para pemimpin negara-negara tersebut tentang situasi yang berkembang di Afghanistan.

Qureshi akan memulai kunjungannya dari Tajikistan, kemudian Uzbekistan, Turkmenistan dan Iran.

Kunjungan tersebut dinilai penting di tengah ketegangan situasi di Afghanistan dan pembicaraan yang sedang berlangsung untuk membentuk pemerintahan inklusif setelah penggulingan pemerintahan Ashraf Ghani.

“Dalam kunjungan tersebut, Menlu akan melakukan interaksi tingkat tinggi untuk bertukar pandangan tentang situasi yang berkembang di Afghanistan dan untuk meningkatkan hubungan bilateral,” ungkap Kementerian Luar Negeri Pakistan, Selasa. (mm/mna/geonews)

Baca juga:

Utusan Taliban Masuki Panjshir untuk Berunding dengan Ahmad Massoud

Bahkan AS pun Kesulitan Evakuasi Warganya dari Kabul

DISKUSI: