Erdogan Umumkan Hak Turki “Selesaikan” Konflik Karabakh Sebagaimana Rusia

0
162

Ankara, LiputanIslam.com –  Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan negaranya berki hak untuk berpartisipasi dalam menyelesaikan konflik bersenjata Karabakh antara Azerbaijan dan Armenia.

Pernyataan tersebut dilontarkan oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang menegaskan bahwa sebagaimana Rusia, Turki berhak berpartisipasi dalam penyelesaian konflik di wilayah Nagorno-Karabakh antara Azerbaijan dan Armenia.

“Jika Rusia ingin berpartisipasi dalam menyelesaikan konflik Karabakh, Turki percaya bahwa ia memiliki hak untuk berpartisipasi. Saya belum pernah mendengar bahwa Rusia memiliki posisi negatif dalam hal ini,” ungkap Erdogan, Jumat (23/10/2020).

Dalam konteks yang sama, Rusia menuntut penarikan segera militan asing dari wilayah Karabakh demi menunjang upaya pencapaian kesepakatan gencatan senjata antara kedua pihak yang bertikai.

Seperti diketahui, konfrontasi militer antara Armenia dan Azerbaijan kembali terjadi sejak tanggal 27 September 2020, dan menjadi babak konflik paling genting dalam kurun waktu hampir tiga dekade terakhir. Kedua pihak saling tidung sebagai pengobar perang dan pengerahan militan. (mm/amn)

Baca juga:

Turki Pastikan Siap Kirim Pasukan ke Karabakh

Pasukan Turki Keluar, Jet Tempur Rusia Lancarkan Serangan Sengit Terhadap Militan di Suriah

DISKUSI: