Erdogan: Saudi Ancam Usir 4 Juta Orang Pakistan Jika Imran Khan Ikuti KTT Kuala Lumpur

0
297

KualaLumpur, LiputanIslam.com –  Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membongkar sebab mengapa Perdana Menteri Pakistan Imran Khan tak jadi mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi Islam (KTT) di Kuala Lumpur (KL), Malaysia.

Sebagaimana dilaporkan kantor berita Turki, Anatolia, Erdogan kepada wartawan, Jumat malam (20/12/2019) menyatakan bahwa Arab Saudi mengancam akan mengusir empat juta orang Pakistan dari wilayah Saudi jika Imran Khan mengikuti KTT KL.

“Pakistan mendapat tekanan kuat dari Saudi demi mencegahnya partisipasinya dalam KTT Islam di Kuala Lumpur, ibu kota Malaysia… Perlakuan Saudi dan Emirat, Abu Dhabi, seperti ini bukanlah yang pertama kalinya” ujar Erdogan.

Dia menambahkan, “Saudi mengancam akan menarik simpanan Saudi dari Bank Sentral Pakistan, sebagaimana Saudi juga mengancam akan mengusir empat juta orang Pakistan yang bekerja di Saudi dan menggantikan mereka dengan tenaga kerja Bangladesh.”

Menurut Presiden Turki, Pakistan sedang mengalami krisis ekonomi besar sehingga terpaksa memutuskan untuk tidak menghadiri KTT Islam ini ketika mendapat ancaman dan tekanan demikian.

Baca: Iran dan Turki Ajak Dunia Muslim Hentikan Dominasi Dolar AS

Erdogan juga menyinggung bahwa Indonesia semula juga akan mengutus Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk KTT KL tapi kemudian tak jadi.  Media di Indonesia melaporkan bahwa Ma’ruf Amin mengaku batal mengikuti KTT KL akibat kelelahan sehingga digantikan oleh Menteri Luar Negeri Masduki Baidlowi.

Erdogan tidak menyebutkan alasan mengapa Ma’ruf Amin batal, namun mengingatkan bahwa tekanan Saudi tidak semestinya digubris jika berkenaan dengan masalah prinsipal. Dia mencontohkan Somalia yang tetap teguh pada prinsipnya meskipun Saudi dan Uni Emirat Arab akhirnya tidak memberikan bantuan kepada Somalia.

Baca: Usai Bertemu Bin Salman, Perdana Menteri Pakistan Urung Hadiri KTT Kuala Lumpur

Seperti diketahui, KTT KL dibuka pada Kamis lalu dan akan berakhir hari ini, Sabtu (21/12/2019). Sebelumnya, surat kabar Pakistan The News melaporkan bahwa Imran Khan urung menghadiri KTT KL setelah mengadakan pertemuan dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohamed bin Salman.

Baca: Adakan KTT Forum Negara-Negara Islam, Malaysia Ditegur Raja Saudi

Imran Khan memutuskan untuk mengirim Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mehmood Qureshi ke Malaysia untuk menghadiri KTT KL yang dihadiri oleh Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Presiden Iran Hassan Rouhani, dan Emir Qatar Qatar Tamim bin Hamad Al-Thani. (mm/raialyoum)

DISKUSI: