Adakan KTT Forum Negara-Negara Islam, Malaysia Ditegur Raja Saudi

0
190

Riyadh, LiputanIslam.com –  Raja Salman bin Abdulaziz dari Arab Saudi secara tidak langsung telah menegur pemerintah Malaysia karena menyelenggaakan Konferensi Tingkat Tinggi “Forum Negara-Negara Islam” di Kuala Lumpur, yang oleh sebagian orang dinilai sebagai upaya menandingi organisasi Konferensi Kerjasama Islam (OKI) yang bermarkas di Jeddah, Arab Saudi.

Sebagaimana dilaporkan kantor berita resmi Saudi, SPA, Raja Salman saat menerima kontak telefon dari Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad, Selasa (17/12/2019), telah menyinggung hubungan bilateral Riyadh-Kuala Lumpur serta peluang keduanya untuk memperkuat hubungan ini di berbagai bidang.

Namun, pada kesempatan komunikasi tersebut, Raja Salman juga menekankan pentingnya tindakan kolektif negara-negara Islam melalui OKI.

“Khadimul Haramain al-Sharifaian dalam kontak telefon dengan Mahathir Mohammad menyatakan pentingnya aksi bersama (negara-negara) Islami melalui OKI demi mewujudkan persatuan barisan untuk membahas semua isu negara-negara Islam yang berkaitan dengan umat,” lapor SPA.

Baca: Hendak Mengikuti KTT Kuala Lumpur, Rouhani Nyatakan Embargo AS Sia-Sia

Surat kabar South China Morning yang terbit di Hong Kong sebelumnya menyebutkan bahwa bahwa keputusan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan untuk tidak menghadiri KTT “Forum Negara-negara Islam” di Kuala Lumpur adalah karena sebagian orang memandang pertemuan puncak itu sebagai upaya untuk menggeser OKI yang dikendalikan Saudi.

Baca: Usai Bertemu Bin Salman, Perdana Menteri Pakistan Urung Hadiri KTT Kuala Lumpur

KTT itu sendiri rencananya diselenggarakan pada Rabu hingga Sabtu (18-21/12/2019) dengan dihadiri antara lain oleh para pemimpin negara dari Iran, Turki, dan Qatar. (mm/raialyoum)

DISKUSI: