Erdogan: Saudi Ajukan Permintaan Pembelian Drone Tempur Turki

0
476

Drone tempur Bayraktar Akinci milik Turki

Ankara, LiputanIslam.com –   Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan bahwa Arab Saudi telah mengajukan permohonan untuk membeli pesawat nirawak (drone) tempur dari Turki.

“Kami telah menerima permintaan dari Saudi mengenai drone-drone bersenjata,” katanya, seperti dikutip kantor berita Turki, Anadolu, Selasa (16/3).

Drone militer belakangan ini menjadi salah satu senjata paling mematikan sehingga semakin banyak digunakan oleh militer berbagai negara, karena drone berkemampuan terbang dalam jangka waktu relatif lama serta dapat menggempur sasaran-sasaran di permukaan.

Erdogan mengatakan bahwa negaranya akan menjadi satu di antara empat negara terkemuka di dunia dalam industri drone, dan bahwa industri drone bersenjata maupun tanpa senjata merupakan salah satu proyek utama industri pertahanan Turki.

“Dengan pesawat nirawak Akinci kita akan menjadi salah satu dari empat negara terkemuka di dunia di bidang ini,” ujarnya.

Dia menambahkan, “Pesawat nirawak bersenjata Turki andil besar dalam penumpasan terorisme, sebagaimana juga berperan sangat efektif di Suriah dan Libya.”

Hubungan Turki dengan Saudi sempat memburuk pasca pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di Konsulat Jenderal Saudi di Istanbul, Turki, pada tahun 2018.

Hubungan keduanya juga dikeruhkan oleh perbedaan antara Ankara dan Riyadh dalam kebijakan luar negeri dan dalam menyikapi kelompok Ikhwanul Muslimin.

Kantor berita Bloomberg mengutip keterangan beberapa sumber bahwa Saudi dan Uni Emirat Arab telah menempuh langkah-langkah awal untuk memperbaiki hubungan masing-masing dengan Turki demi kepentingan perdagangan dan keamanan di Timur Tengah.

Namun di pihak lain, para pejabat Turki menepis kabar adanya kontak langsung maupun tak langsung Ankara dengan Abu Dhabi dan Riyadh berkenaan dengan desakan agar Ankara mengubah kebijakannya terhadap Ikhwanul Muslimin. (mm/anadolu/raialyoum)

Baca juga:

Military Watch Magazine: Suriah Lancarkan “Serangan Telak” terhadap Turki dengan Rudal Korut

[Video]: Drone Iran Merekam Kapal Israel yang Rusak “Terkena Serangan” di Laut Oman

DISKUSI: