[Video]: Drone Iran Merekam Kapal Israel yang Rusak “Terkena Serangan” di Laut Oman

0
1697

Beirut, LiputanIslam.com –  Saluran berita Al-Mayadeen yang berbasis di Libanon, Ahad malam (7/3), merilis sebuah video hasil rekaman kamera drone Iran atas kapal Helios Ray Israel.

Video itu dinilai tidak mendukung klaim Rezim Zionis bahwa Iran bermain di balik ledakan yang merusak kapal itu ketika sedang berlayar di Laut Oman.

Disebutkan bahwa penampakan kapal Israel dalam rekaman itu tidak menunjukkan adanya serangan dari luar terhadap kapal tersebut.

Mengutip pernyataan pejabat anonim Iran, Al-Mayadeen menyebut rekaman itu menunjukkan bahwa kapal yang diklaim Israel lumpuh akibat mendapat serangan dari Iran pada 26 Februari itu sebenarnya bukan diserang dari luar, melainkan karena ada orang-orang tertentu di dalam kapal yang sengaja membuat lubang untuk membuat narasi dan propaganda bahwa kapal itu mendapat serangan.

Awak Helios Ray mengaku kapalnya lumpuh oleh dugaan ledakan saat berada di Laut Oman, sembari mengklaim bahwa kapal itu terkoyak dan berlubang di kedua sisi lambungnya.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu segera menuduh Iran menyerang kapal tersebut.

“Ini memang operasi Iran. Ini jelas,” tudingnya tanpa memberikan alasan dan bukti apapun, kecuali bahwa Iran “adalah musuh terbesar Israel dan kami menyerang mereka di seluruh kawasan.”

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh menepis keras tuduhan tersebut sembari menyebut Netanyahu “menderita Iranophobia” dan bahwa Iran tidak akan membiarkan rezim Israel menyebarkan kepanikan di kawasan. (mm/almayadeen/presstv)

DISKUSI: