Erdogan Kutuk Gelombang Serangan Palestina terhadap Israel

0
248

Quds, LiputanIslam.com –  Media Israel mengabarkan bahwa Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam percakapan telepon dengan sejawatnya dari Israel, Isaac Herzog, mengutuk gelombang operasi serangan para pejuang Palestina yang terjadi belakangan ini dan menewaskan 11 orang Israel dan melukai beberapa lainnya.

Dikutip Rai Al-Youm, Sabtu (2/4), surat kabar Yedioth Ahronoth melaporkan bahwa Erdogan bahkan menyebut operasi itu sebagai aski teror, menyampaikan belasungkawa kepada Herzog atas jatuhnya “para korban” yang tewas, dan berharap kesembuhan bagi yang terluka.

Bulan Maret lalu gelombang serangan anti-Israel tercatat sebagai yang terparah sejak intifada bersenjata tajam pada tahun 2015 di mana 11 orang Israel tewas dan 32 terluka akibat 10 operasi serangan Palestina di berbagai wilayah pendudukan.

Dilaporkan bahwa dalam kontak telefon tersebut Erdogan mengimbau Herzog untuk “tidak melarang masuknya orang-orang Palestina ke Masjid Al-Aqsa selama bulan Ramadhan”.

Di bagian lain, Erdogan menyatakan bahwa sinergi yang direncanakan bersama Israel, khususnya di bidang energi, merupakan kepentingan bersama bagi kedua pihak. Dia juga mengungkapkan keinginannya untuk menjaga momentum yang diperoleh dalam hubungan bilateral pada kunjungan Herzog ke Turki pada 9 Maret lalu. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Pasukan Israel Bunuh Satu Pemuda Palestina dan Lukai 130 Lainnya di Tepi Barat

Takut Amuk Palestina, Israel Jadikan Quds Barak Militer

DISKUSI: