Erdogan: Kontak Telefon dengan Putin Tentukan Sikap Turki Selanjutnya Soal Idlib

0
207

Istanbul, LiputanIslam.com –  Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan negaranya akan menempuh langkah-langkah selanjutnya terkait dengan Provinsi Idlib, Suriah, setelah pembicaraan telefon dengan sejawatnya dari Rusia, Vladimir Putin, pada hari Jumat (21/2/2020).

Kepada wartawan di Istanbul, Turki, dia menjelaskan bahwa pada pukul 18.00 waktu setempat dia mengadakan pembicaraan telefon dengan Putin.

“Hasil kontak telefon ini akan menentukan sikap kami di kawasan. Kami akan mendiskusikan semua perkembangan di Idlib dengan cermat,” lanjutnya.

Sebelumnya, Erdogan mengumumkan gagasan Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Angela Merkel untuk mengadakan pertemuan puncak segi empat Turki, Rusia, Jerman, Prancis mengenai Suriah di Istanbul pada tanggal 5 Maret.

Baca: Zakharova: Dukungan Turki terhadap Teroris di Idlib Melanggar Kesepakatan Moskow-Ankara

Namun dia juga menyebutkan bahwa Presiden Rusia, Vladimir Putin, belum menanggapi gagasan tersebut.

“Merkel dan Macron meminta Putin menyetujui gencatan senjata secara ketat di Idlib, dan saya tidak bisa mengatakan bahwa tanggapan yang diharapkan dari Moskow atas ajakan ini sudah masuk sejauh ini,” tutur Erdogan.

Baca: Bloomberg: Turki Minta Bantuan AS untuk Hadapi Rusia di Idlib

Mengenai konfrontasi militer di Idlib, dia mengklaim bahwa pihaknya telah “menetralisir” (menghabisi) 150 tentara Suriah serta menghancurkan 12 tank, 3 kendaraan lapis, 14 senjata artileri, dan 2 mobil bersenapan otomatis mereka. Klaim-klaim demikian sebelumnya telah dibantah oleh tentara dan pemerintah Suriah. (mm/raialyoum)

DISKUSI: