Hizbullah: Kemerdekaan Sejati Lebanon Terwujud Usai Israel Diusir

0
213

Beirut,LiputanIslam.com-Dalam peringatan kemerdekaan Lebanon yang jatuh tanggal 22 November, Ketua Dewan Syariat Hizbullah menyatakan bahwa kemenangan Hizbullah atas Israel di awal milenium adalah perwujudan kemerdekaan sejati Lebanon.

“Hari ini, kita berada di ambang peringatan kemerdekaan Lebanon. Namun ketika kita memikirkan negara ini, kita akan sadar bahwa kemerdekaan sejati baru terwujud ketika Resistansi membebaskan Lebanon dari pendudukan Rezim Zionis,” kata Syekh Muhammad Yazbek.

“Kesepahaman dan menjaga kedaulatan serta kemerdekaan negara tak bakal terwujud tanpa segitiga emas, yaitu Tentara, Rakyat, dan Resistansi. Jika presiden berkomitmen dengan perimbangan ini, Lebanon pun akan merdeka.”

“Kita menginginkan kekuatan Resistansi tetap terjaga, sebab menjaga kekuatan ini akan mendatangkan kebaikan bagi Lebanon serta melindungi kemerdekaan dan kedaulatannya. Darah para syuhada kita tertumpah demi kejayaan bangsa ini, agar bangsa kita tidak mengalami peristiwa-peristiwa yang terjadi di Nablus (di Palestina) dan kota-kota pendudukan lainnya,” tandas Yazbek.

Ia menambahkan, presiden tidak bisa dipilih tanpa adanya kesepahaman, sebab Lebanon dibuat berdasarkan kesepakatan. Namun kesepahaman harus berlandaskan fondasi-fondasi yang meliputi keutuhan dan kedaulatan Lebanon.

Sebelum ini, Wasekjen Hizbullah, Syekh Naim Qasim melalui akun Twitter-nya menyatakan, ”Kami tidak menyetujui Presiden yang membuat masalah lantaran melayani kepentingan AS dan Israel, sehingga merugikan kedaulatan, kemerdekaan, dan kebebasan Lebanon.” (af/alalam)

DISKUSI: