Enggan Bertempur di Idlib, Puluhan Militan Ditangkap oleh Pasukan Turki

0
99

Damaskus, LiputanIslam.com –  Pasukan Turki menangkap puluhan militan pendukungnya di Suriah utara karena menolak berpartisipasi dalam pertempuran di Provinsi Idlib, Suriah barat laut. Demikian dilaporkan oleh kantor berita Suriah, SANA, Ahad (23/2/2020).

Disebutkan bahwa puluhan militan itu berasal kawasan Ras al-Ain di bagian barat laut Provinsi Hasakah. Mereka ditangkap ketika berusaha masuk ke wilayah Turki demi menghindari keterlibatan dalam perang melawan Pasukan Arab Suriah (SAA) di Idlib, sementara Turki menutup perbatasan demi mencegah kaburnya militan yang selama ini didukungnya.

Idlib sendiri diwarnai kecamuk perang SAA terhadap kelompok-kelompok bersenjata pro-Turki yang belakangan ini berkobar di bagian selatan provinsi ini.

Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) melaporkan bahwa SAA melakukan pengerahan kekuatan militernya di kawasan Jabal Zawiyah.

Lembaga yang dekat dengan kubu oposisi Suriah ini juga menyebutkan pengerahan kekuatan baru militer Turki berupa sebuah konvoi militer yang terlihat di pintu perbatasan Kfar Lousin.

Baca: Tentara Suriah Intesifkan Serangan di Aleppo dan Idlib, Satu Tentara Turki Tewas

Konvoi itu terdiri atas sekitar 65 unit mobil tempur serta sejumlah personil dan peralatan berat, yang bergerak menuju daerah-daerah Isham dan al-Barah serta kawasan Kfar Nabal di Jabal Zawiyah, Idlib selatan, bersamaan dengan pengerahan kekuatan militer SAA secara besar-besaran yang mencapai daerah Kfar Sajnah dan Jabal Zawiyah.

Baca: Erdogan: Kontak Telefon dengan Putin Tentukan Sikap Turki Selanjutnya Soal Idlib

Di sisi lain, SAA melancarkan serangan rudal dan artileri ke kubu-kubu pertahanan kawanan bersenjata serta daerah-daerah infiltrasi mereka di sejumlah desa dan distrik kawasan sekitar Maarat al-Nouman, Idlib selatan. (mm/railayoum)

DISKUSI:
SHARE THIS: