Emir Qatar Temui Pemimpin Besar Iran, Israel Jadi Sorotan

0
15

Teheran, LiputanIslam.com  Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayid Ali Khamenei, Kamis (12/5), dijumpai oleh Emir Qatar Syeikh Tamim Hamad Al-Thani di Teheran, dan mengimbau kepada dunia Arab untuk “secara terbuka turun kancah aksi politik menghadapi kejahatan para Zionis”.

Sembari menekankan pentingnya peningkatan kerjasama politik dan ekonomi Iran-Qatar, pada kesempatan itu Ayatullah Khamenei menyebutkan bahwa dialog tanpa campur tangan asing merupakan satu-satunya jalan penyelesaian berbagai persoalan regional.

Mendukung kecaman Syeikh Tamim terhadap kejahatan Rezim Zionis Israel, Ayatullah Khamenei menyebutkan bahwa kezaliman rezim ini terhadap  Palestina selama puluhan tahun menjadi kenyataan yang pahit dan menyakitkan bagi dunia Islam dan Arab.

“Republik Islam Iran berharap kepada dunia Arab untuk turun secara terbuka ke kancah aksi politik anti kejahatan ini,” imbuhnya.

Menurutnya, dukungan sebagian negara Arab kepada bangsa Palestina terkait dengan konflik di kawasan Sheikh Jarrah di Quds (Yerussalem) bahkan tak sebesar dukungan sebagian negara Eropa.

“Seandainya sikap negara-negara Arab ini adalah karena ketakutan kepada Rezim Zionis ataupun tamak (meminta-minta) kepadanya seharusnya mereka mengetahui bahwa rezim ini sekarang tidak berada di posisi yang layak ditamaki ataupun ditakuti,” ujarnya.

Mengenai keharusan dialog antarnegara regional, Ayatullah Khamenei  menekankan urgensi penyelesaian krisis Suriah dan Yaman melalui dialog dalam suasana di mana semua pihak berada posisi sejajar, bukan pada posisi di mana satu pihak lemah sedangkan pihak lain semisal AS kuat secara militer dan finansial.

Menyindir negara-negara Arab yang pro-normalisasi hubungan dengan Israel, Pemimpin Besar Iran mengingatkan bahwa Rezim Zionis selalu meninggalkan jejak kejahatan di manapun mereka berada, dan tak akan bisa memberikan kekuatan apapun kepada negara lain.

“Jadi, kita di negara-negara kawasan harus bekerja melalui kerjasama dan pendekatan untuk makin memperkuat hubungan di antara kita,” lanjutnya.

Di pihak lain, dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh Presiden Iran Sayid Ebrahim Raisi tersebut, Emir Qatar memuji kedudukan Pemimpin Besar Iran di dunia Islam, dan mengecam kejahatan Zionis di Palestina.

“Kejahatan entitas Zionis di Palestina mengerikan, dan kita semua harus berdiri bersama menghadapi aneke peristiwa di Palestina,” tuturnya.

Dia mengaku sangat prihatin atas gugurnya wartawati Al Jazeera Shireen Abu Aqleh di tangan pasukan Zionis Israel di Jenin, Tepi Barat.

“Para Zionis melakukan semua kejahatan ini dengan darah dingin,” ujarnya.

Syeikh Tamim juga menyerukan penyelesaian semua persoalan di kawasan Timur, termasuk Suriah, Irak dan Yaman, melalui kanal dialog. (mm/alalam)

Baca juga:

Presiden Palestina:  Israel Sengaja Membunuh Wartawati Al Jazeera dengan Darah Dingin

Wartawati Al Jazeera Tewas di Tangan Pasukan Zionis, Ini Kata Para Saksi Mata

DISKUSI: