Dukung Pemerintah, Masyarakat Teheran Gelar Unjuk Rasa Akbar Anti Demo Rusuh

0
153

Teheran, LiputanIslam.com   Massa dalam jumlah besar di Teheran, ibu kota Iran, Rabu (6/10), menggelar unjuk rasa kesekian kalinya untuk menandai kutukan rakyat Iran terhadap gelombang aksi onar yang melanda Iran belakangan ini.

Mereka menegaskan dukungan mereka kepada nilai-nilai revolusi Islam, dan harapan mereka agar pemerintah dapat menghadapi tekanan dan menindak tegas para pengacau keamanan.

Seorang pria peserta aksi itu kepada saluran Al-Alam mengatakan, “Republik Islam  bukan sebatas slogan untuk seruan, melainkan slogan yang bekerja dan berjuang karenanya, dan ini bagi kami bukanlah perkara yang dapat dinegosiasikan.”

Seorang ibu yang mengikuti aksi itu sembari mendorong kereta bayinya mengatakan, “Kami mendapat tarbiyah di tangan Alm. Imam Khomaini dan berjalan di belakangan Pemimpin Besar Ali Khamenei – semoga Allah melindunginya- dan kami tak kan membiarkan siapapun menistakan bendera Iran dan kesucian.”

Dalam aksi yang dilakukan bersamaan dengan peringatan hari kesyahidan Imam Hasan Al-Askari ra, imam kesebelas umat Muslim Syiah, itu massa meneriakkan yel-yel ‘mampus Amerika”, “mampus Israel” dan berbagai slogan kutukan terhadap para perusuh. Mereka menegaskan bahwa semua tekanan asing tak akan dapat menjauhkan rakyat Iran dari prinsip revolusi Islam.

Salah seorang wanita peserta aksi itu mengatakan, “Siapapun di dunia tak dapat memaksakan apapun terhadap bangsa Iran, kami tak akan pernah mundur dari nilai dan prinsip revolusi Islam kami, dan tak akan membiarkan siapapun menimbulkan masalah di dalam negeri.”

Seorang pria yang menggendong putrinya dalam aksi itu mengatakan, “Gelombang peristiwa yang menyerang Iran belakangan ini bukanlah yang pertama kali maupun terakhir kalinya. Kami tahu bahwa permusuhan terhadap kami adalah karena kami konsisten kepada prinsip revolsi, dan karena itu kami menegaskan sekali lagi bahwa kami membela negara dan revolusi kami.”

Massa pengungjuk rasa menegaskan dengan suara lantang bahwa mereka akan terus menempuh jalan mereka dalam menghadapi berbagai tantangan yang tak pernah berhenti sejak kemenangan revolusi Islam.

Sementara itu, laporan dari Irak menyebutkan bahwa pasukan Iran kembali melancarkan serangan rudal dan artileri ke kawasan Kurdistan Irak, Rabu, untuk mengganyang kelompok-kelompok separatis yang mereka sebut berada di balik gelombang kerusuhan yang sempat beberapa hari melanda berbagai wilayah Iran.

Sumber-sumber Kurdi menyatakan serangan itu menimbulkan kepanikan namun tidak menjatuhkan korban.

Sumber-sumber dinas kesehatan di Arbil, Kurdistan Irak, pada 28 September lalu menyatakan bahwa tujuh orang tewas dan 24 lainnya cidera akibat serangan artileri dan rudal Iran ke berbagai daerah di Kurdistan Irak.(mm/alalam/raialyoum)

Baca juga:

Ini Penjelasan Kepala Kehakiman Iran mengenai Kematian Mahsa Amini

Iran Ujicoba Peluncuran Wahana Tunda Antariksa Buatannya untuk Geser Satelit Antarorbit

 

DISKUSI: