Duh, Barat Tetapkan 4 Syarat Ini untuk Tarik Dukungannya kepada  Kerusuhan di Iran

0
386

Teheran, LiputanIslam.com   Seorang pejabat tinggi keamanan Iran mengatakan negara-negara Barat tertentu yang mensponsori dan memprovokasi kerusuhan di Iran telah mengisyaratkan penarikan dukungan untuk kerusuhan asalkan Teheran sepenuhnya mematuhi persyaratan mereka.

Kepada al-Alam, Senin (5/12), pejabat anonim itu mengatakan bahwa sejumlah negara Barat tersebut mengaku akan mengadopsi pendekatan demikian dengan syarat Iran bersedia menyuplai minyak mentah dan gas alam secara melimpah ke pasar energi global, yang tetap tidak stabil akibat perang Rusia dengan Ukraina.

Dia mengatakan bahwa Iran juga telah diminta untuk sepenuhnya tunduk pada tuntutan yang diajukan oleh perwakilan dari tiga negara Eropa , yaitu Inggris, Prancis dan Jerman , serta delegasi AS dalam perundingan pemulihan kesepakatan Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA).

Pejabat keamanan Iran juga menyebut syarat ketiga yang mengharuskan Iran menyesuaikan diri dengan kebijakan Arab Saudi dalam berbagai isu regional Timteng.

Adapun syarat terakhir adalah Teheran harus  memutuskan semua hubungan diplomatik, ekonomi dan perdagangan dengan Moskow, dan bahkan memutuskan segala bentuk kerjasama dengan Rusia.

Pakar politik dan pakar menilai empat syarat dari Barat itu membuktikan betapa Barat memandang para perusuh sebagai pion dalam konflik mereka dengan Iran, namun dengan kedok dukungan untuk kemanusiaan dan HAM, dan pandangan itu mereka implementasikan dengan mengobarkan perang psikologis dan media habis-habisan terhadap Iran.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada Konferensi Moskow tentang non-proliferasi nuklir, Senin,  menyatakan AS harus segera menghapus semua sanksi “ilegal” yang telah dijatuhkannya terhadap Iran.

“Washington belum menyerah pada kebijakan ‘tekanan maksimum’ dalam kaitannya dengan kesepakatan nuklir dengan Iran,” tutur Lavrov, mengacu pada tindakan AS menarik diri secara sepihak dari perjanjian nuklir Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA).

Dia menambahkan bahwa Moskow sangat mendesak pihak AS untuk “mencabut semua sanksi ilegal terhadap Iran sesegera mungkin dan tidak dapat diubah serta memastikan implementasi yang ketat dari Resolusi Dewan Keamanan PBB 2231” yang mendukung JCPOA.

Dia juga menekankan bahwa pencabutan sanksi ilegal akan membuka jalan bagi Teheran untuk “mencairkan” komitmen sukarela berdasarkan kesepakatan nuklir. (mm/presstv)

Baca juga:

Iran Umumkan Jumlah Korban Tewas Gelombang Kerusuhan Pasca Kematian Mahsa Amini

Iran Tak Akan Mengalah di Hadapan Intimidasi dan Ancaman

DISKUSI: