Dubes Venezuela: Iran Teladan yang Bagus bagi Amerika Latin

0
183

Teheran, LiputanIslam.com –   Duta Besar Venezuela untuk Iran, Antonio Alcala Cordones, menyebut Revolusi Islam di ran tahun 1979 sebagai peristiwa yang sedemikian mengakar pada kehendak rakyat sehingga berpengaruh besar bukan hanya di Venezuela melainkan juga di negara-negara Amerika Latin lainnya dan bahkan seluruh dunia.

“Kami di Amerika Latin sangat menghormati Revolusi Islam, rakyat dan kepemimpinan Iran, yang memberikan contoh yang bagus bagi kami,” kata Carlos Antonio Alcala Cordones kepada kantor berita resmi Iran, IRNA, dan dikutip Press TV, Ahad (13/2)

Cordones mengatakan bahwa revolusi-revolusi yang terjadi di Iran, Kuba dan Venezuela memiliki kesamaan berupa perlawanan terhadap imperialisme dan doktrin hegemonik Amerika Serikat (AS).

“Revolusi Islam (di Iran), Revolusi Kuba, dan Revolusi Bolivarian Venezuela menentang kebijakan (AS) ini,” katanya.

Dia juga menyebutkan kesamaan lain berupa diadakannya referendum di kedua negara untuk berkonsultasi dengan rakyat tentang konstitusi dan partisipasi kedua negara dalam proses pengambilan keputusan melalui pemilihan umum.

Lebih jauh, Cordones menekankan perlunya pembentukan blok yang terdiri dari Iran, Venezuela, Rusia, Cina, dan lain-lain melawan AS, yang telah menjatuhkan sanksi kepada mereka semua.

“Langkah yang dapat membantu kita menghadapi AS dan sekutunya adalah dengan bersatu, berbagi pengalaman dan informasi, bersosialisasi, dan mengatur blok di antara negara-negara yang terkena sanksi… Dalam menghadapi imperialisme AS, kita harus bersatu secara finansial, ekonomi, sosial dan budaya, serta melalui seni, olahraga, ilmu pengetahuan dan teknologi,” paparnya. (mm/presstv)

Baca juga:

Rayakan HUT Revolusi Islam, Iran Diwarnai Konvoi Kendaraan

Peringati HUT Revolusi Islam, Presiden Raisi: Jangan Harap Iran Menggantungkan Harapan pada Barat

DISKUSI: