Dubes Iran: Terjadi Kemajuan dalam Perundingan Iran dengan Arab Saudi

0
249

Baghdad, LiputanIslam.com –  Dubes Iran untuk Irak di Baghdad, Iraj Masjedi, Jumat (24/9), mengkonfirmasi adalanya kemajuan dalam perundingan antara Iran dan Arab Saudi.

“Kedua pihak berhasrat pada dialog dan penyuksesan perundingan ini,” katanya, sembari memuji peran mediasi Irak dalam perundingan tersebut.

Dia menambahkan, “Putaran keempat perundingan dengan Arab Saudi di Baghdad akan diselenggarakan. Kami berharap dialog ini mengalami kemajuan secara konstruktif.”

Dia juga mengatakan, “Perundingan dengan Saudi bergerak maju, kami berharap akan mencapai hasil-hasil yang pasti, dan hal itu kemudian diumumkan.”

Mengenai kemungkinan perundingan bilateral dan langsung antara Iran dan Amerika Serikat (AS), Masjedi mengatakan, “Perundingan nuklir berlangsung antara kelompok 5+1 dengan Republik Islam Iran, perundingan sebelumnya itu bukan bilateral, melainkan antara Uni Eropa dan AS dan juga Republik Islam Iran.”

Dia juga menuturkan, “Mengenai putaran baru, kami tidak akan menyetujui perundingan bilateral, sebab kami sudah memasuki perundingan dengan Eropa, dan pendirian kamipun sudah tranparan dan jelas. AS telah keluar dari JCPOA dan harus kembali kepadanya.”

Sehari sebelumnya, Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh menyatakan bahwa perundingan negaranya dengan Saudi telah menghasilkan “kemajuan serius” mengenai keamanan Teluk Persia.

Iran dan Saudi telah menjalankan beberapa putaran perundingan di Baghdad dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini diungkap pertama kali pada April lalu dan tercatat sebagai komunikasi langsung pertama kali antara keduanya setelah Riyadh memutus hubungan diplomatiknya dengan Teheran pada Januari 2016. (mm/tasnim)

Baca juga:

Iran Nyatakan Adanya Kemajuan dalam Perundingan dengan Saudi tentang Keamanan Teluk

Media Turki: Patriot Ditarik dari Saudi, Riyadh Perbaiki Hubungan dengan Iran dan Turki

 

DISKUSI: