Dua Relawan Basij Iran Tewas Ditikam Perusuh di Mashhad

0
89

Mashhad, LiputanIslam.com   Dua anggota pasukan relawan Basij Iran tewas ditikam oleh para perusuh di kota Mashhad, Kamis (17/11).

Wali Kota Mashhad Mohsen Davari  dalam sebuah pernyataan menyebutkan: “Sekelompok anasir jahat dan perusuh menggunakan kekerasan, mengancam pedagang, mencoba menghentikan pekerjaan,  dan mengganggu toko-toko yang terletak di persimpangan Amel di kota suci Masyhad.”

Dia menjelaskan,”Begitu aparat keamanan tiba di lokasi, para penjahat itu membubarkan diri, sementara sejumlah dari mereka menyerang lima orang dari Pasukan Basij yang hadir di sana dengan senjata tajam. Akibatnya, dua di antaranya gugur dan tiga lainnya luka-luka.”

Dalam peristiwa lain, pasukan keamanan Iran mengumumkan pembongkaran jaringan pengacau keamanan, yang mencakup 25 anggota, termasuk delapan wanita, di provinsi Azerbaijan Barat.

Pasukan keamanan di provinsi itu mengumumkan bahwa sebagai hasil operasi intelijen dan teknis, semua anggota utama jaringan pengacau keamanan yang beroperasi dengan nama Pemuda Lingkungan Urmia dan berperan utama dalam kerusuhan baru-baru ini telah diringkus oleh intelijen Korps Garda Revolusi Islam (IRGC).

Organisasi itu dibentuk di Urmia mengikuti Organisasi Pemuda Lingkungan Teheran. Para pemimpin jaringan ini, yang kebanyakan orang dewasa, menghasut para pemuda melalui jejaring sosial dan ruang virtual agar bergabung dalam aksi kerusuhan.

Jaringan pengacau keamanan ini mengorganisir aksi pengacauan keamanan, pemblokiran jalan, dan perusakan properti publik di jalan-jalan kota Urmia.

Lebih dari 25 orang, termasuk 8 wanita, ditangkap dalam kasus ini. Anggota utama organisasi ini terkait dengan organisasi mata-mata.

Intelijen IRGC Azerbaijan Barat menyatakan bahwa, melalui operasi siber, semua yang terkait dengan organisasi ini berada di bawah pengawasan intelijen. (mm/alalam)

Baca juga:

[Video:] Serangan Teror Tewaskan Lima Orang di Iran

Kapal Tanker Minyak Israel Diserang Drone, AS dan Israel Tuduh Iran

 

DISKUSI: