Kapal Tanker Minyak Israel Diserang Drone, AS dan Israel Tuduh Iran

0
152

Washington, LiputanIslam.com   Sebuah kapal tanker minyak yang terkait dengan seorang miliarder Israel telah diserang oleh drone pembawa bom di lepas pantai Oman.

Amerika Serikat (AS) menyatakan bahwa serangan drone itu kemungkinan besar dilakukan oleh Iran.

“Setelah meninjau informasi yang tersedia, kami yakin Iran kemungkinan melakukan serangan ini menggunakan UAV (pesawat nirawak),” kata penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan dalam sebuah pernyataan, Rabu (16/11).

Menurut Komando Pusat AS (CENTCOM), serangan itu terjadi sekitar pukul 18:00 GMT di lepas pantai Oman, Selasa (15/11).

“Serangan UAV terhadap kapal sipil di selat maritim yang kritis ini menunjukkan, sekali lagi, sifat tidak stabil dari aktivitas jahat Iran di kawasan itu,” kata komandan CENTCOM Jenderal Michael “Erik” Kurilla, Rabu.

Kurilla mengidentifikasi kapal yang diserang sebagai kapal tanker minyak Pacific Zircon. Kapal tanker berbendera Liberia itu dioperasikan oleh Eastern Pacific Shipping yang berbasis di Singapura, yang pada akhirnya dimiliki oleh miliarder Israel Idan Ofer.

Eastern Pacific Shipping dalam sebuah pernyataan menyebutkan bahwa kapal Pacific Zircon yang membawa minyak gas “terkena proyektil” di sekitar 240 kilometer lepas pantai Oman.

“Kami sedang berkomunikasi dengan kapal dan tidak ada laporan cedera atau polusi. Semua kru aman dan diperhitungkan. Ada beberapa kerusakan kecil pada lambung kapal, tapi tidak ada tumpahan muatan atau masuknya air,” kata perusahaan itu.

Belum ada yang segera mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, sementara seorang pejabat anonim Israel kepada Reuters mengatakan bahwa Iran berada di balik serangan itu dengan menggunakan jenis drone yang telah dipasok ke Rusia untuk serangan di Ukraina.

Di pihak lain, Nournews Iran, yang berafiliasi dengan badan keamanan tertinggi Iran, menyalahkan Israel atas serangan itu, dan menuduhnya bertujuan mengganggu keamanan menjelang Piala Dunia sepak bola yang dimulai di Qatar pada hari Minggu.

Iran dan Israel terlibat perang bayangan selama bertahun-tahun di Timur Tengah, dengan beberapa serangan drone yang menargetkan kapal-kapal terkait Israel yang berlayar di kawasan ini. (mm/aljazeera)

Baca juga:

[Video:] Serangan Teror Tewaskan Lima Orang di Iran

Dahsyat, Satu Pemuda Palestina Habisi Tiga Orang Israel

DISKUSI: