Drone IRGC Pantau Kapal Induk AS

0
111

Teheran, LiputanIslam.com –  Drone Angkatan Laut (AL) pasukan elit Iran  Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) menyatakan telah melacak kapal induk USS Nimitz dan kapal-kapal pengawalnya sebelum mendekati Selat Hormuz di gerbang Teluk Persia.

“Dalam operasi pelacakan ini, kapal induk USS Nimitz bersama dengan kapal-kapal perang pengawalnya, termasuk dua kapal perusak (bernomor lambung) 114 dan 104, kapal perang 58 dan 59, dua kapal perang kecil patroli 9 dan 12 serta kapal penjaga pantai 1333 pasukan teroris AS telah diidentifikasi dan dilacak sebelum memasuki Selat Hormuz dan Teluk Persia,”ungkap Panglima AL IRGC Laksamana Muda Alireza Tangsiri dalam kata sambutannya pada upacara pembekalan AL IRGC dengan 188 drone dan helikopter baru di Bandar Abbas, Iran selatan, Rabu (23/9/2020).

Dia mengatakan bahwa pemantauan semua pergerakan di Teluk Persia, Selat Hormuz dan Laut Oman dapat dilakukan dengan drone-drone baru, yang telah memperkuat kekuatan Iran dalam pemantauan udara secara besar-besaran.

Dalam perkembangan lain yang terjadi pada awal bulan ini, Angkatan Bersenjata Iran juga mengumumkan bahwa drone Karrar buatannya telah mencegat sebuah pesawat AS dan dua drone yang secara ilegal menyusup ke Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) Iran.

Angkatan Bersenjata Iran dalam sebuah pernyataan mengumumkan bahwa ketika pasukan sedang menggelar latihan tempur bersandi “Zolfiqar 99”, satu pesawat P-8 Poseidon, MQ-9 dan RQ-4 milik AS secara ilegal memasuki ADIZ Iran sambil mengamati sepenuhnya jaringan pertahanan udara terintegrasi dari jarak bermil-mil.

Angkatan Bersenjata Iran juga menekankan bahwa tindakan pasukan AS itu sepenuhnya melanggar aturan dan regulasi internasional, dan bahwa pesawat dan drone AS telah mengabaikan peringatan sistem radar AD sehingga dicegat oleh drone Karrar dan pesawat-pesawat AS itu kemudian mengubah haluan dan menyingkir dari area tersebut. (mm/fna)

Baca juga:

[Video] AL IRGC Dibekali dengan Ratusan Drone dan Helikopter Baru dan Canggih  Buatan Dalam Negeri

Sindir AS di Sidang PBB, Rouhani Beberkan Peran Vital Iran di Kawasan

DISKUSI: