Ditemui Ketua MA RI, Presiden Raisi: Iran Siap Perluas Hubungan dengan Indonesia di Semua Bidang

0
138

Teheran, LiputanIslam.com  Presiden Iran Sayid Ebrahim Raisi menyatakan negaranya siap dan serius ingin memperluas hubungan dengan Indonesia di segala bidang.

Hal itu dia katakan saat  menerima, Ketua Mahkamah Agung RI Muhammad Syarifuddin dan delegasi menyertainya di kompleks kepresidenan Iran, Rabu (7/9).

“Tingkat hubungan bilateral saat ini tidak sesuai dengan kapasitas yang ada dari kedua negara,” sesal Raisi.

Dia menambahkan, “Hubungan baik antara Teheran dan Jakarta di berbagai bidang dapat mengarah pada pengembangan kerjasama yang konstruktif antara kedua negara di tingkat regional dan internasional.”

Menyinggung pendekatan aktif Indonesia di berbagai organisasi internasional, Presiden Iran menekankan bahwa penguatan kerjasama di berbagai lembaga dan forum internasional merupakan salah satu peluang kerjasama antara kedua negara.

“Saat ini, sistem hegemonik berkedok membela kemanusiaan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, “Saat ini sistem hegemoni melakukan penindasan terbesar di dunia atas nama pembelaan Hak Asasi Manusia (HAM), khususnya terhadap umat Muslim, dan sikap bersama para ahli hukum independen dunia melawan penindasan yang jelas dari sistem hegemonik ini dapat efektif untuk mengubah situasi HAM di dunia.”

Di pihak lain, Muhammad Syarifuddin mengaku senang atas kunjungannya ke Iran dan pertemuannya dengan Raisi. Dia juga menyebut hubungan antara Indonesia dan Iran bersahabat, ramah dan berkembang.

Sembari menyatakan minat Indonesia untuk meningkatkan level interaksi kedua negara di berbagai bidang, Syarifuddin mengharapkan kerjasama dan pemanfaatan  pengalaman Iran di bidang teknologi terkait hukum dan peradilan.

Sebelumnya, Ketua Mahkamah Agung RI dan rombongan juga mengadakan pertemuan dengan Kepala Lembaga Kehakiman Republik Islam Iran Hujjatul Islam wal Muslimin Gholamhossein Mohseni Ejei. (mm/mna)

Baca juga:

Bela Iran, Rusia: Eropa Tahu Siapa yang Bersalah atas Kondisi Saat Ini

Panglima IRGC: Iran Lampaui Kekuatan Dunia dalam Teknologi Pertahanan Udara

DISKUSI: