Bela Iran, Rusia: Eropa Tahu Siapa yang Bersalah atas Kondisi Saat Ini

0
330

Teheran,LiputanIslam.com-Staf Urusan Luar Negeri Uni Eropa, Joseph Borrell baru-baru ini mengklaim, ia semakin pesimis terkait kemungkinan tercapainya kesepakatan dalam Perundingan Wina.

Anggota Tim Negosiator Iran, Mohammad Marandi merespons statemen Borrell dengan mencuit,” Borrell adalah sekutu AS. Dia lupa bahwa penyebab perundingan (Wina) ini adalah pelanggaran JCPOA oleh Barat dan sanksi-sanksi Tekanan Maksimum atas warga Iran. Bahkan ketika Iran mematuhi (JCPOA) sepenuhnya, Iran tidak pernah menerima titik-titik lemah dan samar”.

Wakil Rusia di Organisasi Internasional di Wina, Mikhail Ulyanov juga menegaskan bahwa penolakan terhadap keberadaan titik lemah dan kabur dalam tiap kesepakatan merupakan hak natural Iran.

Melalui akun Twitter-nya, Ulyanov menyinggung tanggapan analis Iran, Mohammad Marandi, terhadap statemen Borrell. Ia menulis, ”Jelas bahwa Iran tidak akan menerima titik lemah dan samar (dalam kesepakatan). Saya sendiri tidak yakin apakah Uni Eropa sudah lupa siapa pihak yang bertanggung jawab atas situasi saat ini.”

Pada Kamis pekan lalu, Iran telah mengirim pandangan konstruktif ke Uni Eropa terhadap tanggapan AS soal draf kesepakatan dalam perundingan pencabutan sanksi. Namun seperti biasa, AS kembali menggunakan narasi lama untuk melepaskan diri dari tanggung jawab.

Wakil Jubir Kemenlu AS, Vedant Patel dalam statemen resminya menyatakan, ”Kami tengah mengkaji (pandangan Iran) dan akan memberikan jawaban via Uni Eropa. Namun sayangnya (pandangan Iran) ini tidak konstruktif.” (af/fars)

 

DISKUSI: