Ditemui Erdogan, Ayatullah Khamenei: Serangan terhadap Suriah Rugikan Turki dan Semua Pihak

0
132

Teheran, LiputanIslam.com   Pemimpin Besar Republik islam Iran Ayatullah Sayid Ali Khamenei dalam kata sambutaannya saat ditemui Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Selasa (19/7), menekankan keharusan menjaga integritas Suriah, dan memastikan serangan terhadap Suriah merugikan semua pihak, termasuk Turki.

Menyinggung kecaman Erdogan terhadap kelompok-kelompok teroris, Ayatullah Khamenei menyatakan bahwa terorisme memang harus diperangi, “tapi serangan militer terhadap Suriah justru hanya akan menguntungkan para teroris, yang bukan terbatas pada satu kelompok.”

“Kami akan bekerjasama dengan Anda dalam pemberantasan terorisme,” ungkapnya, ketika menanggapi ajakan Erdogan untuk kerjasama demikian.

Pemimpin Besar Iran menyebutkan bahwa  keamanan wilayah dan perbatasan Turki merupakan bagian dari keamanan Iran.

“Andapun hendaknya menjadikan keamanan Suriah sebagai keamanan Anda, keamanan Suriah harus disolusi dengan perundingan. Iran, Turki dan Rusia hendaklah menyelesaikan masalah ini dengan dialog,” imbuhnya.

Turki sejak beberapa lalu dilaporkan berencana melancarkan invasi militer di Suriah utara untuk menumpas milisi Kurdi yang menjadi tulang punggung Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang bersekutu dengan AS.

Menyinggung eksistensi umat Islam, Ayatullah Khamenei menekankan bahwa kekuatan dan kebesaran umat ini bergantung pada kesadaran untuk saling memahami  “perbedaan selera” serta kebangkitan melawan upaya-upaya pemecah belahan.

Dia juga memastikan bahwa rezim Zionis Israel yang notabene musuh umat Islam dan didukung penuh oleh AS kini justru semakin menjadi salah satu faktor perpecahan umat Islam, dan bahwa meskipun sebagai negara menjalin hubungan dengan rezim itu namun rakyat di negara-negara itu sangat membenci Israel dan menentang hubungan itu.

Dia lantas mengingatkan bahwa isu Palestina adalah urusan utama Dunia Islam di mana umat agama ini tak seharusnya tunduk kepada AS dan Israel.

“Rezim Zionis maupun AS dan lain-lain sekarang tak dapat menghentikan gerakan orang-orang Palestina yang sudah mengakar, dan pada akhirnya urusan itu akan berubah menguntungkan bangsa Palestina,” ungkapnya.

Di pihak lain, dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh Presiden Iran Ebrahim Raisi itu Presiden Erdogan menegaskan bahwa negaranya selalu menentang sanksi sewenang-wenang terhadap Iran.

“Turki mendukung tuntutan sah Iran dalam perjanjian nuklir, dan memotivasi perusahaan-perusahaan Turki untuk berinvestasi di Iran,” ungkap Erdogan.

Menyinggung sepak terjang Iran Iran dan Turki dalam upaya pemberantasan terorisme selama beberapa tahun terakhir, Erdogan mengatakan, “Kelompok-kelompok teroris di Suriah menerima dukungan persenjataan berat dari negara-negara Barat seperti Jerman, Inggris, Prancis, dan terutama AS.”

Sembari menyebutkan kejelasan sikap Turki yang mendukung penuh integritas teritorial Suriah, Erdogan juga mengatakan, “Kami mengharapkan pemerintah Suriah menjalankan proses politik, dan masalah Suriah secara khusus dimasukkan dalam pertemuan Astana, dan kami berharap mencapai hasil yang baik.” (mm/alalam)

Baca juga:

Ini Beberapa Poin Deklarasi KTT Segi Tiga Iran, Turki dan Rusia di Teheran

Pertemuan Puncak Segi Tiga Iran, Turki dan Rusia di Teheran, AS Resah Soal Drone Iran …

DISKUSI: