Dirjen IAEA Sebut Program Nuklir Iran Berkembang dengan“Sangat dan Sangat Pesat”

0
113

NewYork, LiputanIslam.com  Dirjen Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Rafael Grossi mengklaim program nuklir Iran berkembang dengan amat dan sangat pesat.

Dikutip Reuters, Selasa (2/8), Grossi kepada wartawan di PBB mengatakan, “Ketika berbicara tentang nuklir, kata-kata yang baik tidak akan berhasil. Yang perlu Anda lakukan adalah bersikap transparan dan patuh serta bekerjasama dengan kami. Kami siap dan saya harap mereka juga siap.”

“Mereka memiliki program nuklir yang sangat ambisius, yang perlu diverifikasi dengan cara yang tepat. Program ini bergerak maju dengan sangat, sangat cepat dan tidak hanya maju, melainkan juga menyamping, karena ambisi dan kapasitasnya meningkat,” imbuhnya.

Sehari sebelumnya,  Juru bicara Badan Energi Atom Iran (AEOI) Behrouz Kamalvandi mengumumkan bahwa telah ada perintah pengoperasian ratusan mesin sentrifugal baru Iran, termasuk generasi keenam IR-6 yang canggih, dan IAEA telah diberitahu soal ini.

Pada hari yang sama, AEOI mengumumkan penangguhan pengoperasian sejumlah kamera keamanan tambahan IAEA di Iran.

Perkembangan ini terjadi karena negosiasi di Wina mengenai pencabutan embargo macet sejak beberapa bulan lalu.

Sejak awal negosiasi ini, pemerintah AS tidak mengusulkan inisiatif praktis untuk membuat kemajuan dalam pembicaraan, dan malah menuduh pihak lain menghambat proses negosiasi. (mm/reuters/alalam)

Baca juga:

Iran Operasikan Ratusan Mesin Sentrifugal Baru

Iran Sebut Israel Hanya Mengerti Bahasa Kekerasan

DISKUSI: