Direktur CIA: Rusia Memang Ingin Mendapatkan Drone Militer Iran

0
208

Colorado, LiputanIslam.com  Direktur dinas rahasia AS (CIA) William Burns meremehkan kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin baru-baru ini ke Iran, dengan mengklaim bahwa aliansi Rusia-Iran terbatasi oleh minimnya tingkat kepercayaan antara keduanya.

Berbicara di Forum Keamanan Aspen tahunan di Aspen, Colorado, AS, Rabu (20/7), Burns mengakui penilaian intelijen AS yang tidak dirahasiakan bahwa Rusia sedang bersiap membeli drone bersenjata dari pemerintah Iran.

“Memang benar bahwa Rusia menjangkau Iran untuk mencoba mendapatkan drone, UAV,” kata Burns.

Dia menambahkan, “Saya pikir, penting bagi kita untuk mengingat atau mengingatkan diri kita sendiri, ketika kita melihat prospek itu, bahwa tujuan dari drone itu adalah untuk membunuh warga sipil Ukraina dalam perang agresi yang brutal dan tidak beralasan.”

Pekan lalu, penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengatakan kepada wartawan bahwa Iran bermaksud mengirim “ratusan” drone bersenjata dan tidak bersenjata ke Moskow dan akan melatih pasukan Rusia cara menggunakannya.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh CNN pekan lalu, para pejabat Rusia mengunjungi Lapangan Terbang Kashan di selatan Teheran setidaknya dua kali dalam beberapa pekan terakhir untuk memeriksa drone Shahed-191 dan Shahed-129.

Burns mengklaim, “Penting untuk mengingatkan diri kita sendiri bahwa ini adalah cerminan, dalam beberapa hal, dari kekurangan industri pertahanan Rusia saat ini, dan kesulitan yang mereka alami setelah kerugian signifikan sejauh ini dalam perang melawan Ukraina.” (mm/mee)

Baca juga:

Pentagon Minta Iran Tidak Jual Drone ke Rusia

Jenderal Iran: Republik Islam Bertekad Buyarkan Mimpi Musuh untuk Serang Iran

DISKUSI: