Pentagon Minta Iran Tidak Jual Drone ke Rusia

0
256

Washington,LiputanIslam.com-Menhan AS Lloyd Austin dalam konferensi pers Rabu kemarin mengatakan,”Kami mengimbau Iran agar tidak menyerahkan drone kepada Rusia. Saya pikir ini adalah sebuah ide yang sangat buruk.”

Kepala Staf Gabungan Tentara AS, Jenderal Mark Milley juga mengatakan,”Saya tidak berpikir bahwa penyerahan drone dan senjata-senjata lain kepada Rusia oleh Iran adalah gagasan bagus.”

Menjelang lawatan Presiden AS Joe Biden ke Timteng beberapa waktu lalu, Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengklaim, AS punya informasi bahwa Iran tengah mempersiapkan pengiriman drone ke Rusia untuk digunakan di Ukraina.

Ia juga mengklaim, Iran tengah melatih orang-orang Rusia untuk menggunakan drone-drone tersebut.

Namun Koordinator Dewan Keamanan Nasional AS, John Kirby mengakui bahwa tak ada bukti Iran menjual drone kepada Rusia. Namun, imbuhnya, ini tidak berarti bahwa Rusia tidak punya minat untuk melakukan transaksi semacam ini.

“Iran punya kemampuan domestik untuk membuat drone. Kami sudah melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana drone-drone ini digunakan untuk menargetkan pasukan dan fasilitas kita di Suriah serta Irak. Sebab itu, kami mengikuti perjanjian transaksi semacam ini dan memandangnya sebagai hal serius,” kata Kirby. (af/alalam)

DISKUSI: