Dikunjungi PM Irak, Ayatullah Khamenei Pastikan Iran akan Balas Darah Jenderal Soleimani

0
90

Teheran, LiputanIslam.com –  Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayid Ali Khamenei saat dikunjungi Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhimi di Teheran memastikan Iran akan membalas Amerika Serikat (AS) atas pembunuhan jenderal tersohor Iran Qasem Soleimani.

“Orang-orang AS telah membunuh tamu Anda, Qasim Soleimani, yang ditemani oleh Abu Mahdi Al-Muhandis. Mereka membunuhnya di rumah Anda dan secara terbuka mengakui kejahatan ini. Ini bukan masalah yang sederhana,” ungkapnya kepada Al-Kadhimi.

“Kami tidak akan melupakan pembunuhan Qasim Soleimani dan Abu Mahdi Al-Muhandis oleh AS, dan tentu akan melancarkan serangan balasan terhadap AS,” lanjutnya.

Dia memastikan Iran menentang apapun yang melemahkan pemerintah Irak, bahwa AS sepenuhnya kontras Iran dalam memandang Irak, “ sebab AS memang musuh dalam arti yang sesungguhnya, dan tidak setuju dengan Irak yang independen dan kuat dengan pemerintahan mayoritas.”

“AS tak peduli siapa perdana menteri Irak, mereka mencari pemerintah seperti pemerintah Paul Bremer, penguasa AS di Irak pada hari-hari pertama jatuhnya rezim Saddam,” katanya.

Sayid Khamenei menegaskan negaranya “tidak ikut campur dalam hubungan Irak dengan AS, namun mengharapkan saudara-saudara dari Irak mengenal AS dan mengetahui bahwa kehadiran AS di negara mana pun adalah sumber kerusakan dan kehancuran.”

Pemimpin Besar Iran lantas menyatakan harapannya agar pemerintah, rakyat, dan parlemen Irak dapat menindaklanjuti implementasi keputusan untuk mengusir AS dari negara mereka, karena “kehadiran AS menyebabkan ketidak amanan.” (mm/raialyoum/rtarabic)

Baca juga:

Hadapi Arogansi Washington, Iran Usulkan Pembentukan “Klub Target Sanksi AS”

Perjanjian Kontroversial Iran-China, Perlawanan Besar terhadap Arogansi AS

DISKUSI: