Hadapi Arogansi Washington, Iran Usulkan Pembentukan “Klub Target Sanksi AS”

0
119

Moskow,LiputanIslam.com-Dubes Iran untuk Rusia, Kazem Jalali, mengusulkan kepada Moskow untuk membentuk klub yang terdiri dari negara-negara yang dijatuhi sanksi AS. Tujuannya adalah menyatukan langkah guna menghadapi kebijakan-kebijakan Washington secara kolektif.

Dalam wawancara dengan harian Rusia, Kommersant, Jalali menjelaskan bahwa negara-negara yang berada di bawah sanksi AS bisa bekerjasama untuk mengurangi dampak sanksi-sanksi tersebut.

“Saya percaya bahwa sudah tiba saatnya kita membentuk klub negara-negara yang dijatuhi sanksi oleh AS. Di antara mereka ada kekuatan-kekuatan sangat besar dengan ekonomi maju seperti Rusia, China, dan Iran,”kata Jalali.

Dubes Iran mengatakan, Washington tidak ingin melihat saingan yang lebih unggul darinya di kawasan mana pun.

“AS ingin agar Rusia lemah, China bergantung kepadanya dari sisi ekonomi, dan Iran menjadi jajahannya. Sebab itu, kita harus saling bekerjasama, membantu, dan melengkapi satu sama lain,”imbuhnya.

”Kita memiliki banyak peluang besar. Kita hanya perlu menunjukkannya agar potensi ini dikembangkan di jalur yang benar. Iran punya banyak hal untuk ditunjukkan kepada Rusia dan China. Kami adalah negara besar dengan populasi banyak dan bisa dibilang muda. Kami memiliki sumber-sumber mineral dan teknologi maju. Jika kita menyatukan langkah, kita bisa menundukkan tekanan AS,”tandas Jalali. (af/fars)

Baca Juga:

Teheran Nyatakan Taliban Tidak Memiliki Kantor di Iran

Perjanjian Kontroversial Iran-China, Perlawanan Besar terhadap Arogansi AS

DISKUSI: