Dijumpai Putin, Ayatullah Khamenei Komentari Perang Ukraina dan Serukan Pengusiran Pasukan AS

0
165

Teheran, LiputanIslam.com   Pemimpin Besar Republik islam Iran Ayatullah Sayid Ali Khamenei dalam kata sambutaannya saat dijumpai Presiden Rusia Vladimir di Teheran, Selasa (19/7), menyatakan sikapnya mengenai perang di Ukirana dan menekankan keharusan “pengusiran”pasukan  Amerika Serikat (AS) dari kawasan seberang timur Sungai Eufrat di Suriah.

“Masalah Suriah sangatlah penting, dan kami menegaskan sikap Republik Islam (Iran) yang menolak serangan militer terhadap Suriah, dan menekankan keharusan mencegahnya,” ungkap Ayatullah Khamenei.

Dia mengatakan, “Masalah krusial  lainnya dalam isu Suriah adalah pendudukan AS atas wilayah subur dan kaya minyak di sebelah timur Eufrat, dan masalah ini harus diselesaikan dengan pengusiran terhadap mereka dari wilayah itu.”

Mengenai perang di Ukraina, Ayatullah Khamenei mengatakan, “Saya tidak senang atas apa yang terjadi pada warga sipil dalam perang, tapi dalam urusan Ukraina, seandainya Rusia tak bertindak maka pihak lain akan menyulut perang.”

Khamenei menambahkan , “Kerjasama Iran-Rusia berjangka panjang,dan sangat menguntungkan kedua negara.”

Dia juga menyambut baik “sikap presiden Rusia baru-baru ini terhadap Zionis,” dan menyebut AS sebagai “arogan dan penipu”.

“Salah satu penyebab runtuhnya Uni Soviet adalah keterjatuhan pada jebakan dan tipu daya kebijakan AS,” ujarnya.

Ayatullah Khamenei memuii “kebijakan independen Putin selama masa jabatannya sebagai presiden Rusia”.

“Di bawah pemerintahan Anda, Rusia mempertahankan kemerdekaannya,” ujarnya.

Sebelumnya di hari yang sama, juru bicara kepresidenan Rusia Dmitry Peskov mengatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin mengadakan pertemuan dengan Ayatullah Khamenei.

Presiden Putin berkunjung ke Iran selama 24 jam di tengah dugaan bahwa dia mengadakan pembicaraan dengan Presiden Iran Ebrahim Raisi mengenai kerjasama bilateral dan berbagai isu internasional.

Dmitry Peskov mengatakan bahwa pembicaraan mengenai proses penyelesaian konflik di Suriah merupakan agenda penting Putin dalam lawatannya ke Teheran, yang dilakukan dalam rangka menghadiri Pertemuan Puncak Segi Tiga Iran, Turki dan Rusia.  (mm/alalam/almayadeen)

Berita Terkait:

Ditemui Erdogan, Ayatullah Khamenei: Serangan terhadap Suriah Rugikan Turki dan Semua Pihak

Ini Beberapa Poin Deklarasi KTT Segi Tiga Iran, Turki dan Rusia di Teheran

 

DISKUSI: