Digempur Sejumlah Rudal, Serangkaian Ledakan Dahsyat Guncang Pangkalan Militer AS di Suriah

0
210

Damaskus, LiputanIslam.com –  Serangkaian ledakan besar terjadi di salah satu pangkalan ilegal Amerika Serikat (AS) di dekat perbatasan Suriah-Irak akibat gempuran sejumlah rudal, Selasa (23/11).

Sumber lokal di Provinsi Hasakah, Suriah, mengatakan kepada kantor berita Sputnik milik Rusia, “Ledakan-ledakan kuat mengguncang pangkalan ilegal AS di desa Kharab Al-Jeir, yang berjarak 5 kilometer dari distrik Al-Yaarabiyah di perbatasan dengan Irak pada dini hari Selasa 23 November setelah jatuhnya empat rudal yang masih belum jelas asalnya.”

Sumber-sumber lokal menyebutkan bahwa ledakan-ledakan itu sedemikian kuat sehingga gaungnya terdengar di beberapa kawasan perbatasan timur laut antara Suriah dan Irak.

Menurut mereka, segera setelah terjadi serangan itu angkasa kawasan sekitar pangkalan itu diriuhkan oleh penerbangan helikopter dan jet tempur pasukan pendudukan AS dalam jumlah besar.

“Pangkalan Kharab Al-Jeir merupakan pangkalan ilegal terbesar kedua pasukan pendudukan AS di Suriah, yang didirikan pada tahun 2015 setelah merampas lahan-lahan pertanian luas milik para petani desa itu. Di pangkalan itu terdapat landasan pendaratan helikopter dan jet tempur,” lanjut sumber lokal.

Disebutkan pula bahwa pangkalan itu merupakan titik penghubung vital antara wilayah Suriah dan wilayah Irak, dan para perwira dan tentara AS di pangkalan itulah pihak yang mengorganisir perdagangan minyak Suriah yang dicuri dari sumur-sumur minyak yang mereka duduki.

Koresponden Al-Alam mengatakan bahwa serangan itu merupakan yang pertama kalinya terhadap pangkalan itu, dan terjadi bersamaan dengan adanya delegasi AS di Pangkalan Al-Shidadi di Provinsi Hasakah.

Dia juga mengutip pernyataan sumber-sumber lokal bahwa serangan itu dilakukan oleh kelompok perlawanan rakyat di Irak yang menolak pendudukan AS. (mm/raialyoum/alalam)

Baca juga:

Iran Tarik Pasukan dari Pangkalan Udara T-4 Suriah, Benarkah?

IRGC: Sembilan Kali Kami Menampar AS di Teluk Persia

DISKUSI: