Diancam Kubu Pejuang Palestina, Israel Cegah Pemukim Zionis Masuki Komplek Al-Aqsa

0
116

Quds, LiputanIslam.com  Komplek Masjid Al-Aqsa akan ditutup untuk warga pemukim Zionis mulai Jumat depan hingga akhir bulan Ramadhan, menurut laporan TV Israel saluran 14, Selasa (19/4).

Surat kabar Israel Yedioth Ahronoth mengkonfirmasi bahwa para petinggi politik Israel memutuskan untuk menutup komplek Al-Aqsa bagi warga Zionis mulai Jumat depan hingga akhir Ramadhan.

Dikutip Yedioth Ahronoth, panitia pawai pemukim Zionis kecewa atas keputusan tersebut dan mengatakan: “Acara akan berlangsung tepat waktu besok jam 5 sore, dan ada rencana untuk melewatinya di area Gerbang al-Asbat. Keputusan polisi untuk tidak mengamankan peserta memalukan dan mengkhawatirkan, polisi melupakan tugas mereka, tapi kami akan berjalan dan kami akan aman.”

Saluran Kan melaporkan bahwa Perdana Menteri Israel Naftali Bennett membuat keputusan itu setelah berkonsultasi dengan para pejabat politik.  Keputusan ini dinilai sebagai langkah normal dan biasa diambil setiap kali peringatakan hari-hari Paskah Yahudi jatuh bertepatan dengan acara-acara keagamaan Islam.

Media Israel ini menambahkan, “Setelah ancaman Hamas, polisi memanggil mereka yang bertanggung jawab mengatur pawai bendera yang dijadwalkan besok, dan memberi tahu mereka bahwa mereka menolak untuk mengamankan pawai.”

Menanggapi hal ini, anggota ekstremis Knesset Itamar Ben Gvir berkomentar, “Jika berita itu benar bahwa para petinggi politik memutuskan untuk menghentikan serbuan pemukim ke Al-Aqsa setelah perayaan Paskah (mulai minggu depan hingga akhir Ramadhan), Bennett mengibarkan bendera putih malam ini, dia menyerah pada terorisme, menyerah kepada Hamas, dan  menyerah kepada musuh. Bennett, Anda tidak punya hak untuk menjual negara.”

Sementara itu, faksi-faksi Palestina mengumumkan peningkatan status siaga umum di jajaran mereka pada semua tingkatan untuk mengantisipasi “segala bentuk agresi baru terhadap Masjid Al-Aqsha, atau aksi bodoh baru rezim pendudukan dan pemukim”.

Pada Selasa malam lalu faksi-faksi Palestina di Jalur Gaza  merilis siaran pers dan mengumumkan rincian pertemuan mereka di kantor Presiden Hamas Yahya Sinwar di Gaza untuk menghadapi perkembangan terbaru Palestina. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Hamas Bersumpah untuk Tetap Membela Masjid Al-Aqsa

[Video:] Pertama Kali, Hamas Gunakan Rudal Strela Buatan Rusia, Jet Tempur Israel Mundur

DISKUSI: