Di Tengah Situasi Perang di Ukraina, Putin akan Berkunjung ke Iran untuk Bicarakan Suriah

0
176

Moskow, LiputanIslam.com   Di tengah berlanjutnya kecamuk perang Rusia-Ukraina, Presiden Rusia Vladimir Putin akan berkunjung ke Iran minggu depan untuk pertemuan puncak Suriah dengan sejawatnya Ebrahim Raisi dari Iran  dan Recep Tayyip Erdogan dari Turki.

“Kunjungan presiden ke Teheran direncanakan pada 19 Juli,” ungkap juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, Selasa (12/7). Dia menambahkan bahwa ketiganya akan bertemu untuk pembicaraan damai di Suriah.

Rusia, Turki dan Iran dalam beberapa tahun terakhir telah mengadakan pembicaraan sebagai bagian dari apa yang disebut “proses perdamaian Astana” untuk mengakhiri lebih dari 11 tahun konflik di Suriah.

Rusia dan Iran adalah pendukung militer dan politik utama Presiden Suriah Bashar al-Assad, sementara Turki telah mendukung Tentara Pembebasan Suriah dan kelompok pemberontak lain yang masih berperang melawan tentara Suriah di barat laut negara ini.

Perjalanan luar negeri itu merupakan yang kedua kali Putin sejak dia mengirim pasukan ke Ukraina pada akhir Februari. Putin sebelumnya telah mengunjungi Tajikistan pada akhir Juni. (mm/aljazeera)

Baca juga:

Teheran Bantah Klaim AS Soal Suplai Drone Iran untuk Rusia

Ankara Didesak Hentikan Campur Tangan dalam Konflik Regional

DISKUSI: