Dekati Kota Penting di Yaman, Ansarullah Cetak Kemenangan Besar

0
136

Sanaa, LiputanIslam.com –  Pasukan Gerakan Ansarallah mencetak kemenangan besar dan menguasai beberapa daerah di bagian barat Provinsi Marib, Sabtu (22/8/2020).

Menurut media yang berafiliasi dengan Ansarallah, pasukan kelompok yang dipimpin oleh Sayid Abdul Malik al-Houthi ini berhasil merebut Kamp Mas dekat perbatasan Provinsi Al-Jawf setelah bertempur sengit melawan milisi Islah dan loyalis presiden pelarian Abd Rabbuh Mansour Hadi.

Selanjutnya, pasukan Ansarallah berhasil merebut beberapa puncak bukit dan titik di barat laut kota Marib, sehingga mereka dapat mengendalikan hampir semua daerah pedesaan di barat kota itu.

Koalisi Arab pimpinan Arab Saudi meningkatkan serangan udara selama 48 jam terakhir menjelang perkembangan tersebut, namun pasukan loyalis Hadi dan milisi Islah tetap gagal mempertahankan wilayah mereka di dekat kota Marib.

Pertempuran semakin mendekati kota itu, dan pasukan loyalis Hadi dan milisi Islah praktis harus membuat keputusan penting apakah mereka akan berusaha mempertahan kota itu, atau mundur ke daerah-daerah kaya minyak.

Kehilangan minyak Marib akan menjadi pukulan besar bagi kubu Hadi, karena provinsi itu kaya minyak dan sumber daya lainnya.

Marib sudah sekian lama menjadi ibu kota de facto pemerintahan Hadi di bagian utara Yaman, terutama sejak Sanaa, ibu kota Yaman, berada di bawah kendali Ansarallah. (mm/amn)

Baca juga: 

Ansarullah Obrak-Abrik Belasan Sarang Teroris Takfiri ISIS dan Al-Qaeda di Yaman

Ansarullah Bunuh Pentolan Teroris ISIS di Yaman.

DISKUSI: