Damaskus Nyatakan Tentara Suriah Siap Ladeni Agresi Turki

0
201

Damaskus, LiputanIslam.com   Sumber militer Suriah menyatakan tentara negara ini siap menghadapi agresi militer yang mungkin akan dilancarkan Turki dan pasukan sekutunya di Suriah utara.

Dikutip kantor berita SANA, Selasa (26/7), sumber militer Suriah mengatakan, “Dengan meningkatnya intensitas provokasi yang dilakukan rezim Turki di wilayah Suriah selama dua hari terakhir dan serangan di berbagai daerah dan sejumlah posisi angkatan bersenjata kami, kami menegaskan bahwa tentara gagah berani kami siap menghadapi kemungkinan agresi oleh rezim ini dan organisasi-organisasi terorisnya.”

Beberapa waktu lalu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan rencana serangan militer baru di Suriah akan tetap menjadi agenda Turki sampai masalah keamanannya tertangani.

Erdogan yang pada awal tahun ini menyatakan Turki akan melancarkan serangan baru di timur laut Suriah terhadap milisi Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) telah mengadakan pembicaraan tentang Suriah dengan sejawatnya dari Rusia dan Iran pada KTT segi tiga di Teheran pekan lalu.

Dalam pertemuan dengan Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayid Ali Khamenei, Erdogan mendapat teguran keras agar Turki mengurungkan niat melancarkan invasi militer di Suriah.

Saat itu Ayatullah Khamenei mengatakan, “Masalah Suriah sangatlah penting, dan kami menegaskan sikap Republik Islam (Iran) yang menolak serangan militer terhadap Suriah, dan menekankan keharusan mencegahnya.” (mm/raialyoum/alalam)

Baca juga:

Ditemui Erdogan, Ayatullah Khamenei: Serangan terhadap Suriah Rugikan Turki dan Semua Pihak

Menlu Suriah di Iran: Erdogan Gagal Meraih Tujuannya dalam KTT Segi Tiga Teheran

 

DISKUSI: