Buntut Serangan Yaman, AS Kirim Jet Tempur F-22 ke UEA

0
438

Dubai, LiputanIslam.com –   Jet tempur F-22 Raptor Amerika Serikat (AS) tiba di Uni Emirat Arab (UEA) Sabtu (12/2), sebagai bagian dari tanggapan AS atas serangan rudal dan drone pasukan Yaman kubu Sanaa ke wilayah UEA.

AP melaporkan bahwa jet tempur itu mendarat di Pangkalan Udara Al-Dhafra, Abu Dhabi, yang menampung sekira 2.000 tentara AS.

Pada Januari lalu tentara AS melawan serangan Yaman dengan melesatkan rudal pencegat Patriot pertama kalinya dalam pertempuran sejak invasi pimpinan AS ke Irak pada tahun 2003.

Pejabat AS enggan menyebutkan jumlah F-22 yang dikerahkan atau jumlah penerbang yang mendukung pesawat itu, dengan alasan keamanan operasional. Namun, mereka mengidentifikasi unit yang terlibat sebagai Sayap Tempur 1, yang terletak di Pangkalan Bersama Langley-Eustis di Virginia.

Sebuah foto yang kemudian dirilis oleh Angkatan Udara memperlihatkan enam F-22 berbaris di landasan pacu Pangkalan Udara Al-Dhafra.

Letjen Greg Guillot, komandan Angkatan Udara AS Komando Timteng dalam sebuah pernyataan mengatakan, “Kehadiran Raptors akan memperkuat pertahanan negara mitra yang sudah kuat dan menempatkan kekuatan yang tidak stabil sebagai pemberitahuan bahwa AS dan mitra kami berkomitmen untuk memungkinkan perdamaian dan stabilitas di kawasan itu,”

Pengerahan itu dilakukan setelah pasukan Yaman yang didukung Iran meluncurkan tiga serangan yang menyasar Abu Dhabi pada bulan lalu, termasuk satu yang menargetkan depot bahan bakar yang menewaskan tiga orang dan melukai enam orang. Serangan itu bertepatan dengan kunjungan presiden dari Korea Selatan dan Israel ke UEA.

Sebuah kelompok bayangan di Irak mengaku telah meluncurkan serangan drone ke UEA pada awal Februari, dan berjanji masih akan menyerang demi menghentikan campur tangan UEA di kawasan sekitar, termasuk Yaman. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Ancam UEA, Brigade Al-Wa’ad Al-Haq Bersumbar akan Mengembalikannya ke Tahun 1971

Yaman Serang Bandara Abha, Saudi Klaim 12 Orang Terluka

DISKUSI: